Sebanyak 35 anggota PKK RW dan kelompok kerja (Pokja) Kelurahan Gelangan mengikuti pelatihan pengolahan limbah yang dilaksanakan di aula Kelurahan Gelangan.

Kegiatan yang dimotori oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Gelangan ini selain memberikan sosialisasi juga memberikan bimbingan praktek secara langsung kepada peserta dalam memanfaatkan limbah plastik. Demikian disampaikan Eko Ariani, SH, Lurah Gelangan saat membuka pelatihan kegiatan sosialisasi ketrampilan pemanfaatan daur ulang plastik bekas,rabu (26/7).

Menurut wanita yang akrab disapa Bu Eko, semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat dan aktifitas lainnya maka bertambah pula limbah yang dihasilkan. Limbah tersebut menjadi permasalahan lingkungan sehingga diperlukan peran warga untuk mengolah limbah tersebut.

 “Limbah seperti sampah plastik merupakan jenis limbah yang sangat sulit terurai sehingga pentingnya peran warga terutama ibu-ibu PKK unbtuk memanfaatkan limbah/sampah plastik tersebut,”kata Bu Eko.

Menurutnya kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan ketrampilan kepada ibu-ibu PKK untuk kreatif dalam memanfaatkan peluang usaha.

“Saat ini masih banyak limbah plastik yang belum dimanfaatkan dan hanya terbuang percuma padahal sebenarnya sampah plastik jika dimanfaatkan dapat menjadi sumber pendapatan alternatif bagi keluarga,”kata Bu Eko.

Menurut Bu Eko mereka nantinya diharapkan bisa memanfaatkan sampah plastik bekas menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan bisa memberdayakan ekonomi warga.

“Mereka bisa mandiri dan dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui usaha pemanfataan limbah ini,”kata Bu Eko.

Dalam kegiatan ini peserta dilatih untuk mengolah plastik bekas menjadi hiasan seperti bunga-bunga plastik dan produk-produk lainnya. Nantinya peserta bisa mengembangkan sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

“Setelah mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan terus mengembangkan ketrampilan yang dimiliki sehingga dapat bermanfaat dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan kedepannya,”ujar Bu Eko.(Ris/Humas)