Pemerintah Kota Magelang melalui Unit Layanan Pengadaan atau ULP dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Magelang mengadakan Sosialisasi E Katalog LKPP, di Gedung Adipura Rabu (12/04/ 2017). Diharapkan dengan sosialisasi tersebut para pejabat pengadaan bisa melakukan transaksi pengadaan barang melaui e-Katalog, dimana sebelumnya tiap OPD menginput Informasi rencana pengadaan atau melalui SIRUP kemudian saat ini akan beralih melalui proses pengadaan barang dengan e-Purchasing melewati proses pemilihan barang di e-Katalog.

Kasubag Pengadaaan Kota Magelang, Wahyu Tri Prasetyo mengatakan sosialisasi ini juga membahas mengenai tata cara, aturan dan dasar hukum, dimana masih banyak yang belum memahaminya.

Acara ini mempunyai 2 tujuan yaitu agar OPD mengetahui dasar hukum mengenai pengadaan barang dari Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan mengetahui sistemnya atau infrastrukturnya dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

“Dengan sistem e-Purchasing ini lebih transparant karena sudah dinegokan oleh Pusat, dan lebih simpel walaupun memang terdapat prosedur yang harus dipahami, namun bila dipelajari pasti bisa. Karena hal ini lebih menguntungkan untuk user yaitu kita, dan dengan kontrak nilai berapapun bisa dilakukan dengan lebih cepat prosesnya”, ungkapnya.

Melalui e Purcashing akan lebih transaparan karena semua transaksi dapat terekam di sistem, semua proses dan runtutan peristiwa terekam di sistem, termasuk waktu negosiasi dan persetujuan kesepatakan harga.

Selain itu dengan sistem e-Purchasing ini akan lebih efektif dan efisien dimana diharapkan harga di e-Katalog lebih murah dari harga di pasaran, karena barang dibeli langsung dari vendor. (Ret/Diskominsta)