Puncak peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) XXXIV di Kota Magelang berlangsung sangat meriah di Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang, Sabtu (9/9/2017). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi mengatakan momentum Haornas sangat penting untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, pengorbanan dan perjuangan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan kemajuan olahraga dari tingkat daerah hingga pusat.

“Banyak kegiatan keolahragawan diarahkan untuk menumbuhkan kembali semangat cinta tanah air dan semangat kebangsaan serta solidaritas di antara sesame masyarakat”, ungkap Imam Nahrawi di acara puncak peringatan Haornas bertema, Olahraga Menyatukan Kita.

Dalam Puncak Haornas 2017 terdapat moment penyatuan tanah dan air yang diambil dari penjuru Nusantara. Sebelumnya tanah dan air dimasukkan kedalam tempat dari tanah yang dibawa oleh pemuda-pemudi dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka mengenakan pakaian adat khas daerah masing-masing.

Penyatuan tanah dan air dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Magelang Sigit Widyonindito dan disaksikan oleh kepala daerah seluruh Indonesia ribuan pelajar, atlet dan masyarakat.

Tanah dan air dibawa oleh para pesepeda Gowes Pesona Nusantara (GPN) dari 125 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.Deputi 3 Kemenpora RI, RadenIsnanta, menyebut dari semula hanya 90 kota/kabupaten yang terlibat, kemudian menjadi 125 daerah berkontribusi menyerahkan tanah dan airnya sebagai bahan utama pembuatan monumen.Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang sangat besar. (Ret/Diskominsta)