Martinus Restia Riswara dan Andina Dea Herdianti terpilih menjadi juara pertama Duta Wisata Kota Magelang 2017. Kedua pasangan ini menyisihkan 14 pasangan lainnya dalam malam grand final yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Magelang, Minggu (13/8/2017) dinihari.

Keduanya nantinya akan menjadi wakil Kota Magelang untuk maju dalam pemilihan Duta Wisata 2017 tingkat Jawa Tengah. Atas prestasi tersebut, Martinus dan Andina berhak mendapatkan masing-masing trofi bergilir, uang pembinaan Rp 2 juta dari Pemkot Magelang, serta hadiah lainnya. Hadiah bagi keduanya diberikan langsung oleh Wakil Walikota Windarti Agustina.

Tampak hadir pula dalam acara tersebut, Plt. Ketua DPRD Kota Magelang, Titik Utami, Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo, Sekda, Sugiharto, dan beberapa anggota DPRD Kota Magelang.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang, Jarwadi mengatakan, pemilihan duta wisata ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata di Kota Magelang menjadi berdaya saing. Selain itu, untuk mencari sosok pemuda dan pemudi yang kreatif mengenalkan pariwsata serta menjadi ajang mempromosikan pariwisata.

Sementara itu, Wakil Walikota Kota Magelang, Windarti Agustina mengatakan, pemilihan duta wisata Kota Magelang adalah upaya untuk memilih generasi muda yang dapat mempresentasikan budaya dan pariwisata Kota Magelang kepada khayalak ramai.

Dalam malam grand final yang diikuti 15 pasang tersebut, dewan juri yang terdiri dari Joko Soeparno (Kepala Bappeda Kota Magelang), Sasmiarti (public speaking), Arif Maryono (Budayawan), Eko Hari M. (media massa dan pariwisata) dan Tatot P, akhirnya memilih menjadi 10 besar.

Setelah melalui serangkaian penilaian dari awal hingga malam grand final, akhirnya terpilih menjadi juara I Martinus Restia Riswara dan Andina Dea Herdianti. Juara kedua, Farkhan Ali Hakim dan Cyntiara Maharani. Sedangkan juara tiga yaitu Yohan Bertoni dan Gabriella Fernaldi.

Adapun juara inteligensia yakni Bagus Aji Setiawan dan Khoirunnisa Aulia S, juara kepribadian, Resqazan Ardyananda dan Zahra Amanda. Juara favorit berdasarkan SMS terbanyak jatuh kepada Anas Adha Saputra dan Angelita Fortuna Putri S. Sedangkan juara persahabatan M. Nurmansyah dan Annisa Prames Dewi. Masing-masing mendapatkan uang pembinaan dari Pemkot Magelang dan hadiah lainnya.