Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II yang dilangsungkan di Kota Magelang dinilai berhasil dan sangat membantu  masyarakat . Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina di sela-sela menghadiri upacara penutupan TMMD di lapangan SMPN 11 Kota Magelang, Rabu (02/8).

“Hasil dari pelaksanaan TMMD tentunya bisa dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Pemerintah Kota sangat terbantu dengan program TMMD ini,”kata Windarti.

Menurutnya dengan program TMMD dapat memberdayakan masyarakat sekitar lingkungan. Keberadaan talud tersebut membuat lingkungan menjadi lebih bagus, aman dan tertata baik. Nantinya akan dirapikan dan diberikan tanaman serta hiasan agar lebih indah lagi lingkungan sekitarnya.

TMMD Sengkuyung II Tahun 2017 telah menyelesaikan sasaran fisik berupa pembuatan talud irigasi sepanjang 85 meter dengan konstruksi pasang batu. Sedangkan sasaran non fisik yang telah dilaksanakan yaitu penyuluhan kesehatan tentang kebersihan lingkungan, penyuluhan KB dan kesehatan, Pengarahan dari UMKM,   kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penyuluhan kamtibmas dan bahaya narkoba, wawasan kebangsaan serta Penyuluhan Pendidikan dan Pendahuluan Bela Negara (PPBN).

Acara penutupan dipimpin oleh Dandim 0705/Magelang, Letnan Kolonel Inf. Hendra Purwanasari, S.Sos. Saat membacakan sambutan tertulis Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Mulyono, Dandim 0705 mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk memperkuat ketahanan masyarakat agar terhindar dari paham-paham radikal.

“Wujud semangat kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan rakyat. Termasuk juga membantu pemerintah daerah mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat,”katanya.

Penutupan ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan alat kerja ke Dandim yang didampingi oleh Forum Pimpinan Daerah  (Forpimda) Kota Magelang.(Ris/Humas)