Gandrung Terwelu, Gelaran Kontes Kelinci Speciality New Zealand Kerjasama Disperpa-Republik Terwelu

Magelang-Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang dan komunitas kelinci Republik Terwelu hari minggu (30/05/2021) sukses menggelar Kontes Kelinci bertajuk "Gandrung Terwelu" di halaman kantor Disperpa, Jl. Kartini No.3 Magelang. Kontes kelinci memperebutkan Piala Kepala Disperpa ini dihadiri istri Walikota Magelang, Hj. Niken Ichtiaty dan anggota Komisi B DPRD, Imam Indra. Adapun peserta yang mengikuti kontes kelinci sejumlah 44 peserta dari wilayah Magelang Raya dengan menghadirkan juri nasional Erdos Pinilih (Semarang) dan drh. Rinto (Yogyakarta). Tampil sebagai juara Best of Breed (BOB) Piala Kadisperpa, kelinci milik Enjang (juri Erdos Pinilih) dan kelinci milik Fery Agus (drh. Rinto). Kegiatan dihelat dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan covid-19.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Kontes kelinci bertajuk Gandrung Terwelu ini. Menurutnya sinergi komunitas kelinci dan Disperpasebagai Dinas Teknis sangat penting dalam upaya mewujudkan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat penggemar kelinci. Ajang kontes kelinci, lanjutnya, selain untuk meningkatkan mutu genetik uji performance juga untuk lebih memasyarakatkan konsumsi daging kelinci di Kota Magelang. “Daging kelinci perlu kita promosikan sebagai sumber bahan pangan yang sehat karena mempunyai kandungan zat gizi yang lebih baik dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Di dalamnya terdapat kandungan protein tinggi dan rendah kolesterol,”jelasnya.

Sementara itu, Kasi Peternakan Sugiyanto berharap acara kontes kelinci dapat menjadi motivator branding dan promosi daging kelinci bagi masyarakat. “Kerawuhan Ibu Walikota telah memberikan support dan ketertarikan terhadap kelinci. Beliau sayang, tidak takut dan wigah wigih untuk menggendong kelinci yg unik dan lucu ini,”imbuhnya.

Terpisah Ketua Panitia Aryono Septa didampingi Humas Republik Terwelu, Agung Suwarno mengungkapkan acara ini didedikasikan bagi peternak Kelinci yang sedang mengalami ujian berat karena selama pandemi penjualan ternak kelinci terjun bebas. Ia berharap melalui kegiatan kontes kelinci ini dapat mendongkrak penjualan kelinci di level peternak. Selain itu, lanjutnya, kami harapkan lomba ini juga bisa menjadi Bench Mark bagi acara-acara serupa selanjutnya, bahwa di tengah pandemi ini acara lomba tetap bisa digelar dengan penerapan protokol kesehatan covid-19 yang baik. "Semoga dengan rawuhnya Bu Niken (istri Walikota Magelang, red) dan keluarga serta pak Imam Indra (Komisi B DPRD, red), dapat memotivasi kami untuk menggelar acara serupa dengan skala yang lebih besar, lebih menarik dan lebih edukatif bagi masyarakat, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan covid-19,”tandasnya (among_wibowo, red).