Dokter Aziz: Inspektur Kota Magelang Harus Asah, Asih, Asuh Dalam Menjalankan Tugas

KOTA MAGELANG - Inspektur Daerah Kota Magelang merupakan jabatan yang harus mengedepankan sifat asah, asih dan asuh, dalam menjalankan tugas. Inspektur Daerah juga harus dapat menjaga seluruh elemen Pemerintah Kota Magelang sebagai satu keluarga
 
Hal itu dikatakan Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz, usai melantik dan mengambil sumpah janji, Deddy Eko Sumarwanto, Inspektur Daerah Kota Magelang, di Aula Adipura Kencana Kota Magelang, Jumat (26/11/2021).
 
"Saya berharap Inspektur yang baru ini dalam menjalankan tugas memiliki sifat asah, asih, asuh dan bagaimana menjaga keluarga kita ini terhindar dari perbuatan yang melanggar aturan," kata Dokter Aziz.
 
Apalagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat ini sedang bekerja keras untuk meraih predikat A pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) 2023 mendatang.
 
Dokter Aziz menekankan, Inspektur dan jajarannya di Inspektorat harus bisa menjaga Pemkot Magelang sebagai satu keluarga besar dan menjaga agar terhindar dari hal-hal yang melanggar aturan.
 
"Oleh sebab itu, Inspektur saya harapkan bisa merangkul semuanya, kita ini harus kompak untuk saling mengingatkan agar tidak terjadi hal-hal yang buruk," katanya.
 
Untuk diketahui, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Inspektur daerah di lingkungan Pemkot Magelang merupakan rangkaian akhir dari tahapan seleksi terbuka jabatan Inspektur Daerah.
 
Setelah melalui tahapan perizinan yang panjang, baik  permohonan rekomendasi di KASN, rekomendasi panitia seleksi Inspektur di Kemendagri dan yang terakhir adalah persetujuan dari Gubernur Jawa Tengah.
 
Tahapan perizinan yang panjang ini memang  diharapkan mampu memperkuat peran dan kapasitas Inspektorat daerah agar lebih independen dan obyektif dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bersih dan bebas dari KKN.
 
Dokter Aziz berpesan kepada pejabat Inspektur daerah yang baru saja dilantik agar segera melakukan koordinasi dan konsolidasi yang baik pada tingkat internal maupun eksternal. Kemudian, memberdayakan segenap potensi yang dimiliki sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan Kota Magelang.
 
"Bekerjalah dengan sepenuh hati serta harus mampu menjadi suri tauladan bagi pegawai lainnya dengan mengutamakan kedisiplinan dan selalu taat pada peraturan," tutup dokter Aziz. (pemkotmgl)