PERLUAS PANGSA PASAR UMKM, PEMKOT MAGELANG GANDENG TOKOPEDIA DAN SHOPEE DALAM SOSIALISASI E-COMMERCE

Di tengah Kondisi perekonomian masyarakat yang sedang terpuruk akibat pandemi virus Covid-19, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Magelang, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang (Diskominsta) mengadakan “SOSIALISASI  e-Commerce BAGI PARA PELAKU UMKM“ Sosialisasi ini di laksanakan dalam waktu dua hari, dari tanggal 26 – 27 Oktober 2020, yang diikuti 80 pelaku UMKM, bertempat di Hotel Front One Resort Kota Magelang.
 
Acara ini diselenggarkan sebagai bentuk Perhatian Pemerintah Kota Magelang, dalam rangka pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM dengan cara penetrasi pasar di e-Commerce.  Hadir sebagai  narasumber adalah Praktisi e-Commerce Nasional dari PT. Tokopedia dan PT. Shoppe International Indonesia selaku pengelola situs.
 
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pandemi covid-19 ini berpengaruh pada semua aspek kehidupan. Pembatasan aktivitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis, kemudian berimbas pada aktivitas perekonomian secara umum. 
 
Ia juga mengatakan, Sektor UMKM lebih rentan dalam menghadapi Covid-19, sehingga beresiko pailit dan membuat segmen usaha mikro mengalami dampak penurunan pendapatan terbesar. Untuk itu Pemerintah berupaya mendorong agar pelaku UMKM bisa bertahan di masa pandemi ini dengan Program Subsidi bunga untuk usaha ultra mikro serta UMKM melalui Penjaminan kredit modal kerja. 
 
Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang, Suryantoro menambahkan, “Sosialisasi ini bertujuan memberikan peluang usaha melalui  platform digital kepada para pelaku UMKM di Kota Magelang“. Ia berharap, pelaku UMKM dapat meningkatkan pendapatannya dengan memperluas pemasarannya melalui penjualan secara daring atau online ini.(Diskominsta)