Apel Pagi Perdana Pasca Libur Lebaran, Kadisperpa Bekali Motivasi Kerja Bagi ASN dan THL

MAGELANG – Setelah lebih dari 2 bulan sejak masa ditetapkannya pandemi Covid 19 di Indonesia, Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang hari ini, selasa (26/05/2020) kembali menggelar kegiatan Apel Pagi di halaman kantor Disperpa Jl. Kartini No. 3 Magelang. Kegiatan Apel Pagi yang dilaksanakan tepat pada hari pertama masuk kerja pasca libur hari raya Idul Fitri 1441 H itu dipimpin langsung Kadisperpa dan dihadiri seratusan karyawan yang terdiri dari pejabat struktural eselon III dan IV, pejabat fungsional dan para Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Disperpa. Kegiatan Apel Pagi diakhiri dengan Halal Bi Halal  yang dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan penggunaan masker dan jaga jarak aman (physical distancing).

Kadisperpa, Eri Widyo Saptoko dalam pengarahannya menyampaikan sejumlah motivasi bekerja bagi para ASN dan THL Disperpa, khususnya di masa pandemi Covid 19. Eri menegaskan para ASN dan THL Disperpa dapat menegakkan manajemen pemerintahan dengan penerapan protokol kesehatan Covid 19 dan menjadi teladan bagi masyarakat untuk bersama-sama mendukung Pemerintah  memutus rantai penularan virus Corona (Covid 19). “Hari ini keteladanan kita semua menjadi sangat penting untuk saling menguatkan. Sekaligus menjadi contoh nyata bagi masyarakat, yang memang harus kita akui sebagiannya masih relatif rendah kesadarannya terhadap resiko penularan Covid 19,”jelasnya.

Terkait dengan kinerja para ASN dan THL, Eri mengakui pemangkasan anggaran kegiatan Disperpa sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja mereka. Untuk itu ia menghimbau agar para ASN dan THL dapat bekerja secara efektif dan efisien di masa pandemi Covid 19 ini. “Saya berharap para karyawan dapat tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya meskipun saat ini secara non budgetter (baca: bekerja tanpa dukungan anggaran),”tegasnya.

Pada penutup Apel Pagi, Eri juga mengajak para karyawan Disperpa agar dapat terus berkontribusi secara bersama-sama mengurangi resiko penyebaran virus Corona dengan stay at home (berdiam diri di rumah), melaksanakan physical distancing (menjaga jarak fisik) ketika berinteraksi dengan anggota masyarakat lainnya dan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masing-masing. Upaya Pemerintah untuk mengatasi pandemi global ini, lanjutnya,  akan dapat berjalan sukses dengan dukungan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap himbauan Pemerintah. “Ayo kita budayakan pakai masker, jaga jarak fisik dan rajin CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun, red). Jangan lupa setelah apel pagi ini bersama-sama membersihkan halaman Disperpa,”tandasnya (among_wibowo, red)