Walikota Magelang Targetkan Penumbuhan WUB Pada Gelaran Live Setting Aquascape Disperpa

MAGELANG-Walikota Magelang, dr. H. Muchamad Nur Aziz,Sp.PD,K-GH,FINASIM hari senin (25/10/2021) membuka kegiatan pelatihan Aquascape (Live Setting Aquascape) di aula Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang. Walikota Magelang didampingi Kadisperpa, Ir. Eri Widyo Saptoko, M.Si, menargetkan tumbuhnya Wira Usaha Baru (WUB) Aquascape, di Kota Magelang. Walikota berharap semua kegiatan pelatihan termasuk Aquascape,  dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam menumbuhkan WUB. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu diikuti 14 orang peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Muchammad Nur Aziz memotivasi peserta untuk terus berinovasi menciptakan peluang-peluang baru bisnis aquascape yang dinilainya masih sangat prospektif. Harapannya peserta bisa mandiri dengan kesinambungan usaha yang lebih baik. Untuk itu ia juga menyarankan pembentukan Kelompok Aquascape Kota Magelang. “Nanti kalau sudah terbentuk Kelompok bisa difasilitasi untuk mendisplay produk Aquascape di Taman Kyai Langgeng (TKL) sehingga bisa ada peluang pemasaran kepada wisatawan di TKL untuk meningkatkan pendapatan secara kelompok maupun perorangan. Syukur-syukur juga bersinergi dengan,”paparnya.

Kadisperpa, Eri Widyo Saptoko menjelaskan Disperpa sebagai Dinas teknis yang membantu urusan Walikota di bidang pangan, pertanian dan perikanan siap mendukung program Walikota Magelang untuk mendorong tumbuhnya Wira Usaha Baru (WUB). Dukungan penumbuhan WUB itu, lanjut Eri, akan diimplementasikan melalui sejumlah program kegiatan dan penyuluhan/pendampingan kepada masyarakat. “Sesuai arahan Walikota Magelang, Disperpa juga diharapkan melakukan optimalisasi fungsi unit kerja/unit pelayanan dan sejumlah tema pelatihan kepada masyarakat Kota Magelang untuk menumbuhkan WUB,”tegasnya.

Eri mengatakan pelatihan Aquascape (Live Setting Aquascape) dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi dan memberikan edukasi kepada para pelaku usaha pembudidaya ikan kecil (ikan hias) di Kota Magelang. Adapun tujuan utama kegiatan adalah untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pembuatan Aquascape. “Kami berharap pelaku perikanan yang lokasinya tidak lagi bisa digunakan sebagai lahan budidaya ikan konsumsi masih dapat berkarya melalui Aquascape. Saat ini masyarakat suka yang mudah dan instan, maka keterampilan pembuatan aquarium dan setting aquascape menjadi salah satu pilihan sekaligus peluang usaha yang sangat menjanjikan,”pungkasnya.

Terinformasi kegiatan pelatihan Aquascape dilaksanakan selama 3 hari mulai hari senin-rabu (25-27/10/2021) itu menghadirkan sejumlah narasumber/praktisi Aquascape dan diikuti oleh 14 orang peserta. Aquascape sendiri merupakan seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam aquarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Aquascape biasanya terdiri dari komponen ikan dan tanaman. Tujuan utamanya untuk menciptakan sebuah gambaran “bawah air” sehingga juga harus mempertimbangkan aspek teknis pemeliharaan tanaman air.

Potensi aquacape yang telah mendunia menjadi sebuah peluang usaha. Peluang tersebut dapat dikelompokkan sebagai pembibit tanaman air dan pembudidaya ikan hias, penyedia jasa dekorasi tanaman air (aquascaper) dan penyediaan peralatan aquascape. Proses mendekorasi wadah atau akuarium dapat disesuaikan dengan sejumlah tema yang diambil untuk mendekorasi sehingga hasil karya dapat dinikmati dengan maksimal. Hobi dan ketrampilan membuat aquascape dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha sektor perikanan (among_wibowo, red).