JQHNU Dukung 'Programis' Kota Magelang

KOTA MAGELANG - Ketua Umum Pengurus Wilayah Jam'iyyatul Qurra' Walhuffadz Nahdatul Ulama (JQHNU) Jawa Tengah Ali Imron Hasan mengukuhkan Pengurus Pimpinan Cabang  JQHNU Kota Magelang Masa Khidmat 2021-2026 di Aula Kantor Kecamatan Magelang Tengah, Minggu (23/1/2022).

Kegiatan dihadiri Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sofia Nur dan sejumlah tokoh agama Kota Magelang.

Dokter Aziz mengatakan, Pimpinan Cabang JQHNU Kota Magelang yang baru saja dilantik diharapkan menjadikan generasi penerus yang selalu mengedepankan ajaran Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Dia melanjutkan, guna mendukung program unggulan Kota Magelang yakni Programis (Program Magelang Agamis) diharapkan semua komponen dari pemerintah, masyarakat dan seluruh stakeholder berperan aktif guna mewujudkan Kota Magelang yang religius.

"Salah satu contohnya adalah dengan selalu menerapkan ajaran-ajaran Al Qur'an, yang merupakan akhlak Rasulullah, kita diajak dan dirangkul untuk menjadikannya pedoman hidup," tutur Dokter Aziz.

Pemerintah Kota Magelang senantiasa mendukung, dan menfasilitasi JQHNU dalam upaya mensyiarkan Islam dan membumikan Al Qur'an. Oleh sebab itu, ia berharap pengurus baru JQHNU Kota Magelang agar segera menyusun program kerja dan melaksanakan sebaik-baiknya.

Dijelaskan, sebelum berdiri JQHNU, di berbagai daerah di Indonesia telah berdiri organisasi atau perkumpulan para ahli Qira'at dan penghafal Al Alqur'an yang beraneka ragam.

Semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu menghimpun dan mempersatukan para ahli Qira'atul Qur'an serta memelihara kesucian Al Qur'an. Selain itu juga bertujuan memperlajari segi bacaan (tilawah), hukum tajwid, qira'at, memahami dan mengamalkan isi Al Qur'an dalam sehari-hari.

"Terimakasih sebesar-besarnya kepada JQHNU Kota Magelang yang telah mensyiarkan Islam sebagai agama Rahmatan Lil Alamin, khususnya di Kota Magelang," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur didaulat menjadi penasehat JQHNU Kota Magelang masa khidmad 2021-2026. Majelis Ilmi untuk rois diamanahkan kepada Mislan Qowi dan katib ditunjuk Basirun.

Sedangkan Dewan Organisasi diketuai Inayah, dibantu oleh sekretaris Maulana WIra Pradhana dan bendahara Nur Faiqoh.(pemkotmgl)