Sambut Hari Rabies Sedunia, Disperpa Kota Magelang Vaksinasi Gratis Lebih Dari 300 Ekor Hewan Kesayangan

MAGELANG- Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang sukses besar menggelar kegiatan vaksinasi rabies secara gratis terhadap lebih dari 300 hewan kesayangan anjing dan kucing di Kota Magelang. Kegiatan aktif yang digelar selama 10 hari sejak 14 September hingga 23 September 2020 itu diselenggarakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day (WRD) yang jatuh pada 28 September 2020 mendatang. Adapun lokus kegiatan vaksinasi rabies kali ini ditetapkan fokus di empat kelurahan dengan populasi anjing dan kucing terbanyak di Kota Magelang yaitu Kelurahan Magelang, Kelurahan Panjang, Kelurahan Gelangan dan Kelurahan Rejowinangun Utara.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko hari kamis (24/09/2020) di ruang kerjanya menegaskan pentingnya antisipasi dan penanganan dini penyakit rabies pada hewan kesayangan agar tidak membahayakan kehidupan manusia di sekitarnya. Hal ini mengingat kehidupan hewan kesayangan tersebut senantiasa berada dan menyatu dengan kehidupan manusia yang memeliharanya. Menyambut Hari Rabies Dunia yang jatuh pada 28 Agustus 2020, lanjut Eri, Disperpa memanfaatkan momentum itu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sekaligus edukasi pentingnya setiap hewan kesayangan mendapatkan vaksinasi rabies. “Disperpa melalui Seksi Peternakan dan Puskeswan menyiapkan vaksinasi rabies bantuan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah secara gratis untuk lebih dari 300 hewan kesayangan di Kota Magelang,”tegasnya.

Terinformasi selain kegiatan vaksinasi rabies di 4 kelurahan (pelayanan aktif) yang digelar oleh Seksi Peternakan sejak 14 September hingga 23 September 2020, UPT Puskeswan Kota Magelang juga menggelar vaksinasi rabies pada hewan kesayangan (pelayanan pasif) mulai 7 September hingga 30 September 2020 mendatang di Puskeswan, Jalan Pahlawan Nomor 8 Magelang. Alokasi vaksin untuk pelayanan aktif di 4 kelurahan lebih dari 200 dosis, sedangkan untuk pelayanan pasif di Puskeswan sekitar 100 dosis. Saat ini bila alokasi vaksin masih ada, masyarakat pemilik hewan kesayangan masih berpeluang datang ke Puskeswan untuk dilayani vaksinasi rabies secara gratis.

Terpisah, Kabid Peternakan dan Perikanan, Hadiono didampingi Kasi Peternakan, Sugiyanto menjelaskan bahwa penyakit rabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Rhabdoviridae. Penyakit rabies bersifat zoonosis artinya menular dari hewan ke manusia dan sangat mematikan. Penularan terjadi akibat partikel virus yang berada dalam air liur hewan terinfeksi berhasil masuk ke dalam tubuh manusia atau hewan melalui gigitan. Selain anjing, virus rabies juga dapat menjangkiti beberapa hewan lain seperti kucing, kera, dan musang. Kegiatan vaksinasi rabies secara gratis diharapkan dapat menjaga dan mempertahankan Kota Magelang sebagai daerah bebas rabies, disamping juga sebagai  upaya pencegahan dan penanggulangan  terhadap kemungkinan berjangkitnya penyakit rabies.”Vaksinasi rabies merupakan upaya pencegahan dan penanggulangan dini terhadap kemungkinan timbulnya penyakit rabies di Kota Magelang,”tandasnya.

Terkait respon masyarakat, Sugiyanto menambahkan bahwa masyarakat pemilik hewan piaraan sangat antusias dan merespon baik. Sugiyanto juga mengapresiasi Kepala Kelurahan Magelang, Suwandarta dan Kepala Kelurahan Gelangan, Sugeng Sunarso yang menyediakan pos untuk kegiatan vaksinasi rabies untuk menampung mengingat banyaknya pemilik hewan yang hadir membawa anjing, kucing dan musang. Selain itu, terhadap hewan khususnya anjing yang sulit untuk dibawa, sebagian layanan vaksinasi rabies juga dilakukan dengan cara kunjungan yang didampingi oleh petugas kelurahan. “Alhamdulillah target 200 ekor hewan yang  tervaksinasi rabies di 4 kelurahan dapat melebihi target hingga 212 ekor dengan rincian anjing 105 ekor, kucing 106 ekor dan musang 1 ekor,”pungkasnya (among_wibowo, red).