Resmi Dibuka, Pelaksanaan TMMD Sengkuyung ke-109 Harus Tegakkan Protokol Kesehatan

MAGELANG – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun anggaran 2020 di Kota Magelang secara resmi dibuka, di Gedung Kodim 0705/Magelang, Selasa (22/9/2020)

TMMD yang mengusung tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri“ ini merupakan wujud sinergitas TNI dan pemerintah serta masyarakat dalam melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial. 

Asisten Bidang Administrasi Setda Kota Magelang, Taufiq Nurbakin mengatakan pelaksanaan TMMD sengkuyung kali ini dilksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19. Sehingga ia mengingatkan seluruh kegiatan TMMD wajib menggunakan protokol kesehatan, agar tidak terjadi penularan virus ini.

“Sinergi yang sudah terbangun antara TNI, Pemkot Magelang dengan masyarakat bisa lebih ditingkatkan dan pertahankan sehingga selalu berkelanjutan dan yang terpenting dalam pelaksanaanya agar selalu menegakkan protokol kesehatan sesuai era saat ini,” kata Taufiq saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito 

Taufiq menambahkan, TMMD Sengkuyung merupakan dukungan nyata TNI bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat baik melalui kegiatan pembangunan fisik ataupun non fisik. 

“TMMD juga merupakan implementasi nyata komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam melestarikan kegotongroyongan masyarakat untuk membangun kota Magelang,” kata Taufiq

Di Kota Magelang akan dilaksanakan pembangunan penyangga tanah di RT 4 RW 2 Kelurahan Jurangombo Utara, yamg dimulai pada Selasa 22 September 2020 dan berakhir pada 21 oktober 2020. 

Meskipun kegiatan pembangunan hanya dilakukan di kelurahan tertentu, Taufik berharap dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh warga kota Magelang serta kelak hasil pembangunannya dapat memberikan manfaat dan maslahat bagi masyarakat. 

“Pada kenyataannya hasil fisik maupun non fisik pada setiap pelaksanaan pada setiap pelaksanaan TMMD dapat langsung dirasakan oleh masyarakat,” ujar Taufiq.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indiyanto mengungkapkan, selama satu bulan kedepan para prajurit Kodim 0705/Magelang, pemda dan segenap komponen akan bergotong-royong menyelesaikan beberapa program TMMD ke-109. 

“Kebersamaan ini merupakan sinegritas yang positif untuk meraih kesejahteraan masyarakat kota Magelang dan pertahanan negara,” kata Anto, saat membacakan sambutan tertulis.

Sasaran TMMD kali ini pada pembagunan fisik berupa pembangunan infrastuktur, sarana transportasi berupa jalan dan pembuatan talud senderan. Selain itu, untuk menangkal ancaman disintegrasi bangsa, TMMD sudah menyiapkan program non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya narkoba/kamtibnmas dan penyuluhan kesehatan. 

Program ini juga menggandeng beberapa leading sector seperti Polri untuk membantu pelaksanaan kegiatan.

“Kegiatan ini diharapkan memberikan warna bagi masyarakat kota Magelang sendiri, bukan hanya semata-mata TMMD itu di-image masyarakatnya saja, tetapi lebih kepada membangun nilai-nilai pertahanan dan keamanan,” jelasnya. (pro/kotamgl)