71 Calon Jamaah Haji asal Kota Magelang Ikuti Manasik Haji

KOTA MAGELANG - Kota Magelang akan memberangkatkan sebanyak 71 calon jamaah haji ke Makkah, Arab Saudi, tahun 1443H/2022. Mereka telah mengikuti manasik haji di Pendopo Pengabdian kompleks rumjab Wali Kota Magelang, Senin (23/5/2022).

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz merasa bersyukur karena tahun ini calon jamaah haji bisa diberangkatkan setelah 2 tahun ditunda akibat pandemi Covid-19. Dia berharap kesempatan ini bisa menambah ketakwaan dan keimanan para calon jamaah haji asal Kota Magelang.

"Ini kegembiraan bagi kita semua, setelah 2 tahun tidak berangkatkan haji karena pandemi Covid-19. Semoga menambah ketakwaan dan keimanan," ujar Dokter Aziz, saat membuka manasik haji di pendopo Pengabdian, Senin (23/5/2022).

Dokter Aziz berdoa agar para calon jamaah haji asal Kota Magelang dapat berangkat ke Tanah Suci dan kembali ke Tanah Air dengan selamat dan sehat. Dia berpesan agar selama di Mekkah, mereka mematuhi protokol yang sudah ditetapkan, hati dilonggarkan, tidak tamak dan serakah dalam beribadah serta menghormati orang lain.

Mereka juga diharapkan saat sudah kembali dapat mengembangkan amal kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Harapan kalau sudah pulang, kembangkan amal kebaikan yang banyak. Karena saya yakin orang-orang yang sudah naik haji itu golongan orang-orang yang mampu," terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Magelang, Sofia Nur menjelaskan, manasik haji digelar sebagai persiapan para calon jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Dikatakan, kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada calon jamaah haji, mengetahui apa yang harus dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

"Kita harapkan setelah mengikuti manasik haji, mereka memahami hal-hal yang berkaitan dengan ibadah haji, tata cara perjalanan, naik pesawat, di hotel, termasuk syarat dan rukun haji, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan baik," ungkap Sofia.

Tahun ini ada 71 calon jamaah haji asal Kota Magelang yang akan berangkat. Mereka merupakan pendaftar ibadah haji tahun 2012-2013 silam. Selain praktik langsung, manasik haji juga diberi materi oleh narasumber yang berkompeten. (pemkotmgl)