Peduli Perempuan, GOW Kota Magelang Gelar Seminar Kesehatan Kanker

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Magelang mengadakan seminar kesehatan bertajuk “Peran Keluarga dalam Asuhan Penderita Kanker” di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, Rabu (24/4/2019). Seminar ini adalah salah satu upaya GOW dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua GOW Kota Magelang, Sri Rejeki Sulistyono, menjelaskan seminar tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-67 GOW dan HUT ke-42 Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang bersamaan dengan Hari Kartini ke-140. Narasumber yang dihadirkan adalah Dr Agus Ali Fauzi PDG PALL Med Ecu dari Surabaya yang menyampaikan materi seputar keluarga dan kesehatan wanita terutama penyakit kanker.
 
Menurut Sri, perempuan memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dengan laki-laki dalam hal kesejahteraan. Hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Kartini 2019, yakni "Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Kualitas Keluarga untuk Jawa Tengah Maju dan Berdikari".
 
“Oleh karena itu, kita adakan seminar ini agar keluarga paham tentang penyakit kanker mulai dari gejala hingga mengatasinya,” ungkapnya
 
Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina, yang hadir dalam kegiatan tersebut, memaparkan semangat RA Kartini dalam memperjuangkan kebaikan bagi kaum perempuan dinilai mampu menjadi inspirasi para wanita, tidak terkecuali bagi GOW.
 
Ia pun mengapresiasi kepedulian GOW dan YKI terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menghadirkan seminar kesehatan ini.
 
“Seminar ini sejalan dengan semangat gerakan masyarakat hidup sehat. GOW memiliki peran strategis dalam upaya gerakan tersebut, sekaligus sebagai ibu yang melahirkan, mengasihi, dan mendidik generasi berkualitas,” katanya.
 
Menurut Windarti, organisasi ini juga berperan penting dalam implementasi cita-cita RA Kartini dalam perjuangan keseteraan gender. Perempuan diharap mampu hidup mandiri dan terampil dalam menjalankan perannya di keluarga, masyarakat, dan bangsa.
 
“Terus kembangkan potensi perempuan, sehingga dapat mandiri dan terampil. Pemerintah terus mendorong peran wanita tersebut dan meningkatkan partisipasi aktif wanita dalam berbagai bidang,” jelasnya.
 
Windarti juga berharap YKI semakin aktif dalam edukasi dan menyadarkan masyarakat atas penyakit kanker. Data WHO menyebutkan pada tahun 2018 lalu terdapat 18,2 juta kasus kanker baru di dunia dengan 9,6 juta di antaranya berujung pada kematian.
 
“Maka, penting kiranya perlu perhatian bersama dalam upaya pencegahan kanker. Mari aktif ajak masyarakat sadar dan waspada terhadap gejala kanker serta paham cara mengatasinya,” tandasnya.
 
Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, antara lain Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang Yetty Biakti Sigit Widyonindito, perwakilan organisasi wanita di lingkungan TNI/Polri, dan masyarakat. (humaspemkotmagelang)