DPMP4KB Kota Magelang Gelar Evaluasi Pengarusutamaan Gender

MAGELANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB) Kota Magelang menyelenggarakan Evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Gedung Wanita Kota Magelang, Senin (23/11/2020).

Evaluasi ini ditujukan untuk penguatan kelembagaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak bagi pengurus PKK se-Kota Magelang.

“Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan dalam bidang perempuan dan anak. Harapannya, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Magelang,” jelas Kepala DPMP4KB Khudoifah.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memaparkan, di Kota Magelang kedudukan laki laki dan perempuan sama tidak dibeda bedakan. Peran kaum perempuan sangat besar dalam mengasuh anak untuk menjadi anak yang cerdas.

Sigit sangat mengapresiasi peran kaum perempuan, khususnya yang bergabung dalam Tim Penggerak PKK yang sudah mendukung berbagai program pemerintah Kota Magelang.

“Terima kasih bagi kader PKK yang sudah nyengkuyung pembangunan di Kota Magelang,” katanya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, lanjutnya, kaum perempuan memiliki andil dalam menekan penyebaran virus ini. Terutama terkait kebijakan sekolah daring yang harus diterapkan bagi anak-anak sekolah.

“Untuk ibu ibu berikan motivasi bagi anak anak terkait sekolah dengan sistem daring,” ujar Sigit.

Kepala Bappeda Kota Magelang Joko Soeparno menambahkan, Kota Magelang mengalami perubahan yang siginifikan dalam 10 tahun terakhir, baik fisik maupun nonfisik.

Dari sisi fisiki, Pemkot Magelang senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat contohnya pelayanan kesehatan gratis hingga pendidikan gratis. 

“Wali Kota Magelang juga sering hadir di sekolah-sekolah di Kota Magelang untuk memotivasi murid murid dan guru untuk berinovasi dan kreatif,” ungkapnya.

Adapun untuk perubahan fisik, mulai dari infrastruktur sampai kelengkapan sarana hiburan seperti taman air mancur di Alun-alun dan shelter bagi pedagang kaki lima (PKL) di Kota Magelang. (prokompim/kotamgl)