Sambut Hari Tani Nasional Ke-62, Walikota Magelang Grand Opening Plaza Tani di Disperpa Kota Magelang

MAGELANG – Walikota Magelang dr. Muhammad Nur Azis, SpPD KGH FINASIM hari jumat (23/09/2022) secara resmi menggelar grand opening Plaza Tani di Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa)  Jalan Kartini No.3 Magelang. Kegiatan diikuti puluhan stand berbagai komoditas pertanian, peternakan dan perikanan. Hadir dalam Grand Opening Plaza Tani antara lain Wakil Walikota Magelang, Drs. KH. Mansyur Siraj, M.Ag, Komisi B DPRD Kota Magelang, para Kepala OPD, Camat, Lurah, unsur TNI/Polri, asosiasi/lembaga tani dan masyarakat Kota Magelang. Kegiatan dimeriahkan dengan pemukulan kentongan oleh Wakil Walikota dan para Kepala OPD yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Terinformasi Plaza Tani dihelat untuk mewadahi dan memfasilitasi para binaan dalam memasarkan produk-produknya kepada masyarakat luar. Tidak hanya produk pangan, di Plaza Tani juga dipamerkan produk-produk pertanian, tanaman hias hingga ternak. Ada 25 binaan Disperpa Kota Magelang yang mengikuti Plaza Tani, meliputi kelompok tani, kelompok P2L, komunitas anggrek, komunitas Aglonema, komunitas tanaman Sukulen, komunitas kelinci (Republik Terwelu), kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dan kelompok pengolah dan pemasar ikan (Poklahsar). Selain itu, ada juga beberapa aneka sayuran, beras, saprodi pertanian, ternak kelinci, daging ayam, telur, ikan segar dan olahan ikan.

Dokter Azis, sebutan akrab Walikota Magelang, didampingi Wakil Walikota Drs. KH. Mansyur Siraj, MAg sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Plaza Tani di Disperpa sebagai bagian dari implementasi program unggulan Walikota Magelang khususnya Magelang Keren, Magelang Cantik dan Rodanya Mas Bagia. Ia menegaskan tujuan kegiatan Plaza Tani yaitu memberikan wadah dan fasilitasi tempat pemasaran produk bagi binaan Disperpa, menumbuhkan jiwa usaha dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan dan ketahanan pangan dan memberi ruang bagi para binaan untuk saling memotivasi, belajar dan tukar pengamalan dalam hal usahanya. Dokter Azis berharap kegiatan juga dapat berkontribusi untuk mendorong perekonomian di Kota Magelang khususnya di sektor pertanian, peternakan, perikanan dan ketahanan pangan. “Saya harapkan ini menjadi awal yang baik, transaksi dapat terus meningkat dari waktu ke waktu penyelenggaraannya sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dalam aktivitasnya menggeliatkan urban farming ini,”tegasnya.

Dalam kesempatan itu Walikota beserta rombongan berkenan untuk berkeliling dan menyapa peserta di stand Plaza Tani. Dokter Azis memberikan arahan dan motivasi kepada masyarakat untuk terus berkarya meningkatkan ketahanan pangan melalui aktivitas urban farming yang sejauh ini sangat produktif dan mulai memiliki kontribusi terhadap perekonomian masyarakat Kota Gethuk.

Terinformasi Luas Kota Magelang adalah 18.54 km2 dengan luas lahan pertanian sawah yang tersedia hanya 161,34 ha dengan rincian sawah 142.83 ha dan tegal 18,51 ha. Setiap tahun lahan pertanian ini terus mengalami penyusutan dengan trend konversi alih fungsi lahan sebesar 4-5 ha/tahun. Dalam situasi ini pemanfaatan lahan pekarangan dan permukiman yang masih sekitar 1.234,85 ha (sesuai data BPS tahun 2019) untuk aktivitas urban farming menjadi penting guna mendukung program unggulan Magelang Cantik (Magelang Cinta Organik) secara terpadu sehingga dapat memperkuat ketahanan pangan masyarakat di Kota Magelang.

Kepala Disperpa, Ir. Eri Widyo Saptoko, MSi dalam laporannya menyebutkan, Plaza Tani telah dibuka sebelumnya (soft opening) tanggal 2 September 2022, dan berlanjut setiap Jumat pada 9 dan 16 September 2022. Pada saat pembukaan, omset penjualan mencapai Rp 4,9 juta. Omset meningkat pada hari berikutnya menjadi Rp 7,2 juta dan Rp 8.6 juta. "Selanjutnya kegiatan Plaza Tani ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat dari jam 07.00 – 11.00 WIB. Kami harapkan kegiatan dapat menjadi momentum peningkatan kemandirian dan ketahanan pangan Kota Magelang," kata Eri.

Eri menyatakan, pihaknya berkomitmen memberikan kontribusi lebih untuk kemudahan pemasaran hasil segar maupun olahan pertanian, peternakan dan perikanan yang dihasilkan binaannya. Ia menambahkan kegiatan grand opening Plaza Tani juga dikaitkan dengan peringatan Hari Tani Nasional ke-62 yang jatuh pada hari sabtu, 24 September 2022. Menurut Eri sangat penting untuk mengapresiasi perjuangan para petani di Indonesia saat ini sebagai penyangga pangan nasional. “Dan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) pada 24 September 1960 telah menjadi tonggak peringatan Hari Tani Nasional untuk memperjuangkan hak-hak seluruh tani di Indonesia. (among_wibowo, red)