Tangkal Penyebaran Virus Covid-19, Disperpa Kota Magelang Semprot Disinfektan dan Terapkan WFH Parsial

MAGELANG –Dinas Pertanian dan Pangan Kota (Disperpa) Kota Magelang hari ini (23/03/2020) terus melakukan upaya antisipatif menangkal pandemi virus Corona. Kegiatan dilakukan dengan menyemprotkan disinfektan secara menyeluruh pada semua bagian dalam dan luar ruangan di kompleks perkantoran Disperpa Jalan Kartini Nomor 3 Magelang.  Sejumlah petugas Disperpa dilibatkan dalam kegiatan penyemprotan disfektan tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensterilkan kompleks kantor Disperpa dari resiko penularan virus yang viral dan menjadi momok masyarakat dunia saat ini.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan di kantornya merupakan bagian dari kegiatan tanggap darurat untuk sterilisasi lokasi kantor Disperpa, setelah sebelumnya juga dilakukan di Kebun Bibi Senopati (KBS). Eri mengharapkan kegiatan disinfeksi semacam ini dapat menjadi SOP rutin bersama, tidak hanya ketika menghadapi pandemi virus Corona seperti saat ini. “Sebagai garda terdepan stake holder pertanian Kota Magelang, kami merasa perlu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada ASN, THL, petani dan pelaku agribisnis lainnya dalam beraktivitas, utamanya pada saat pandemi Covid 19 seperti sekarang ini,”katanya.

Eri menambahkan pihaknya juga menindaklanjuti instruksi Walikota Magelang yang diperkuat dengan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kota Magelang untuk menerapkan Work From Home (Bekerja Dari Rumah) bagi sebagian karyawan ASN dan THL secara bergantian (parsial, red). Terinformasi para ASN di Disperpa Kota Magelang mulai menjalankan WFH mulai 23-31 Maret 2020. Bidang, Seksi, UPT dan staf di setiap ruangan secara bergantian menjalankan pekerjaan di kantor dan di rumah sehingga fungsi pelayanan kepada masyarakat dapat tetap berjalan seperti biasanya.

Menurutnya WFH ini sangat vital sebagai upaya berkontribusi memutus rantai penularan virus Corona di Kota Magelang. Dengan implementasi WFH di Disperpa secara otomatis akan mengurangi mobilitas karyawannya ke kantor sehingga dapat meminimalisir resiko penularan virus tersebut. “Kami berharap para ASN dan THL tetap berkinerja yang terbaik, bekerja menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada saat ini. Mudah-mudahan pandemi ini dapat segera berakhir sehingga kita dapat bekerja normal sebagaimana biasanya,”tandasnya

Pada akhir kesempatan Eri juga mengajak semua elemen masyarakat agar dapat terus berkontribusi secara bersama-sama menekan resiko penyebaran virus Corona dengan stay at home (berdiam diri di rumah), melaksanakan social distancing (menjaga jarak sosial) ketika berinteraksi dengan anggota masyarakat lainnya dan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam lingkungan sosialnya masing-masing. Salah satunya dengan budaya CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dan penggunaan hand sanitizer setiap selesai beraktivitas.  “Upaya Pemerintah untuk mengatasi pandemi global ini akan dapat berjalan sukses dengan dukungan kesadaran dan ketaatan masyarakat kepada Pemerintahnya,”pungkasnya (among_wibowo, red)