Manajemen Satu Data ‘DataGo’ Jadi Objek Studi Tiru Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Tegal

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang menerima kunjungan kerja ‘studi tiru’ Dinas Kominfo Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Tegal, Kamis (21/10/21) bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 Setda Kota Magelang. Maksud dan tujuan kunjungan kerja ini dalam rangka study banding terkait dan sharing informasi terkait Manajemen Satu Data Pemerintah Kota Magelang. 

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar mengatakan, perlu banyak belajar kepada Kota Magelang untuk dapat mengembangkan manajemen satu data di Kabupaten Karanganyar agar semakin baik.

“Harapan kami dengan kunjungan ini, kabupaten karanganyar bisa meniru Kota Magelang sehingga bisa diterapkan di karanganyar,” ujar Drs. Sujarno, M.Si Kepala Diskominfo Kabupaten Karanganyar. 

Selanjutnya Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal Bambang Kusnandar Aribawa, SP. M.Si, dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Magelang khususnya Diskominsta yang bersedia menerima pihaknya untuk sharing informasi dan juga melakukan Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM) mengenai manajemen satu data Kota Magelang.

“Kami yakin tidak salah narasumber, karena Kota Magelang ini Gudangnya inovasi, Kota nya sangat inovatif dengan tebukti di beberapa penghargaan dari inovasi datago ini,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Diskominsta menyampaikan pihaknya mengapresiasi kunjungan kerja dari Kabupaten Karanganyar dan Tegal, dirinya berharap kunjungan kerja ini dapat meningkatkan tali silaturahmi dan kerjasama antar kedua kabupaten dan juga Kota Magelang. 

“Kita tidak ingin menggurui kita belajar bersama sama. Kamu persilahkan bapak ibu untuk menggali sedalam dalamnya terkait dengan data go,” ujar Suryantoro. 

Perlu diketahui, DataGO merupakan Sistem Informasi Satu Data Terpadu Kota Magelang yang mengakomodir produsen data sektoral di lingkup OPD, Instansi Vertikal, Lembaga Swasta, dan Institusi Pendidikan. Mekanisme DataGO digerakan secara online, terintegrasi dan didukung oleh asisten virtual Bang Data yang terkoneksi dengan aplikasi Telegram. Pentingnya manajemen data menjadi hal tersendiri yang dirasa penting dijadikan alasan untuk studi tiru ini karena data akan sangat berperan dalam pengambilan keputusan bagi sebuah instansi maupun institusi dan perusahaan. 

Kepala Diskominsta berharap semoga Kabupaten Karanganyar dan Tegal bisa lebih menyempurnakan hal-hal yang mungkin masih kurang. Selain itu kunjungan yang dilakukan ini kiranya memberikan manfaat serta berbagai informasi yang diperoleh dapat dipergunakan bahkan diterapkan untuk keperluan Kabupaten Karanganyar maupun Kabupaten Tegal. (Pemkotmgl)