KOTA MAGELANG TERAPKAN LIMA PILAR KESELAMATAN JALAN UNTUK DUKUNG TERWUJUDNYA SMART CITY

Dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65, Satlantas Polres Magelang Kota mengadakan kegiatan KAMSEL (Keamanan dan Keselamatan) TALK, Senin (21/9/2020). Acara ini mengangkat tema “Road Safety Guna Mewujudkan Smart City di Kota Magelang”. Bertempat di TMC Mako 2 Polres Magelang Kota, kegiatan ini dihadiri oleh Kasat Lantas Polres Magelang Kota, Kabid Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Magelang, Pakar Transportasi/Lalu Lintas dari Univeraitas Tidar, Perwakilan Jasa Raharja Kota Magelang, Para Kanit Satlantas Polres Magelang Kota dan para Anggota Satlantas Polres Magelang Kota.

Kegiatan diawali dengan mengikuti zoom meeting dengan tuan rumah Ditlantas Polda Jawa Tengah, dilanjutkan dengan kegiatan mendengarkan arahan dari Kapolda Jawa Tengah. Kabid Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Magelang, Noor Singgih mengungkapkan bahwa ada tiga faktor yang menjadi konsentrasi atau panduan dalam konsep Smart City di Kota Magelang, yaitu sumber daya manusia, sistem dan infrastruktur. Pakar transportasi lalu lintas dari Universitas Tidar, Evi Puspitasari, pada agenda tersebut menanggapi tentang strategi Lima Pilar Keselamatan Jalan yang memang telah mengarah ke sistem Smart City di Kota Magelang.

Adapun 5 Pilar Keselamatan Jalan yang juga di sebut sebagai RUNK (Rencana Umum Nasional Keselamatan) Jalan meliputi manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkesalamatan, kendaraan yang berkesalamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan korban pasca kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Magelang Kota, Sugito, yang sekaligus bertindak moderator berharap agar ke depan, jumlah laka lantas di Kota Magelang bisa berkurang dan masyarakat bisa lebih taat tata tertib saat berkendara. (Diskominsta)