Dikunjungi IPI Se-Jawa Plus, Kebun Bibit Senopati Makin Populer dan Viral Di Masyarakat

MAGELANG-Keberadaan Kebun Bibit Senopati atau lebih dikenal dengan KBS itu semakin populer dan viral saja di masyarakat. Tak tanggung-tanggung, hari kamis (22/08/2019) KBS menerima kunjungan penting dari Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Se-Jawa plus perwakilan IPI Kepulauan Riau dan Nusa Tenggara Barat. Kunjungan rombongan IPI yang berjumlah 90 orang itu atas inisiasi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang. Kegiatan ini sebagai rangkaian pengenalan destinasi wisata yang ada di Kota Magelang kepada para Insan Pariwisata Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko dalam sambutannya yang disampaikan Kasi Prasarana dan Sarana Pertanian, Yhan Noercahyo Wibowo, mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang tidak terhingga atas kedatangan Insan Pariwisata Indonesia (IPI) ke KBS. Disampaikannya, KBS yang dikelola Seksi Prasarana dan Sarana Pertanian pada Disperpa Kota Magelang itu sejauh ini telah menjelma menjadi magnet destinasi wisata baru di Kota Magelang, khususnya wisata edukasi keragaman dan budidaya tanaman hias.

Yhan menuturkan lokasi KBS yang hanya memiliki luas 3950 m² awalnya hanya memiliki dua bangunan green house. Keduanya difungsikan sebagai ruang produksi/budidaya tanaman hias. Pelan-pelan dalam perkembangannya, KBS mulai melebarkan fungsi dan manfaat untuk melayani masyarakat yang ingin belajar budidaya tanaman hias. Selain itu KBS sebagai destinasi wisata baru getol untuk mengenalkan keragaman jenis tanaman hias baik dari dataran rendah, sedang dan tinggi kepada masyarakat. Terinformasi KBS memiliki lebih dari 300 jenis tanaman baik tanaman dataran rendah, sedang dan tinggi. Semuanya dapat tumbuh dan berbunga dengan baik di Kebun Bibit Senopati.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Pertanian Agus Dwi Windarto menambahkan  Saat ini keberadaan KBS juga difungsikan untuk mendukung branding Magelang Kota Sejuta Bunga (MKSB). Terkait pengunjung, Agus menjelaskan bahwa secara umum latar belakang pengunjung KBS beragam mulai dari instansi swasta, pemerintah, kelompok masyarakat dan yang paling dominan dari sekolah–sekolah. Para pengunjung yang datang juga banyak yang melakukan pembelajaran budidaya tanaman hias. Sejumlah tanaman hias yang menarik perhatian pengunjung diantaranya red salvia, sakura jawa, anggrek, bougenvil dan masih banyak lagi. “Silahkan datang dan belajar tanaman hias di Kebun Bibit Senopati, mumpung masih gratis (tanpa dipungut biaya),”katanya.

Sementara itu Sekretaris Disporapar,Aeny Setyawati mengungkapkan pihaknya terus gencar untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kota Magelang termasuk KBS. Hal ini semata-mata untuk mensukseskan branding MKSB Jilid II yang dicanangkan Walikota Magelang belum lama ini. Aeny mengatakan kunjungan delegasi IPI ke KBS ini sebagai promosi destinasi wisata dan diharapkan dapat menarik sebanyak mungkin wisatawan dari luar daerah.

Pimpinan rombongan IPI, Tito yang juga sebagai Kabid Pengembangan SDM IPI mengungkapkan kekagumannya atas penataan Kebun Bibit Senopati. Menurutnya penataan KBS hingga kebersihannya sangat luar biasa. Selain itu kerapian dan estetika semua terpola dengan baik. Ditambah lagi keragaman jenis tanaman hiasnya sangat variatif sehingga sangat menarik dikunjungi masyarakat khususnya penyuka keragaman jenis tanaman hias. “Kondisi KBS saat ini sebaiknya dipertahankan. Mungkin hanya perlu ditambah keragaman jenis tanamannya dan di tempatkan menyerupai cluster-cluster sehingga masyarakat akan lebih mudah mengenali sesuai dengan kelompok/keluarga tanamannya,”komentarnya.

Terinformasi Kebun Bibit Senopati Kota Magelang dibawah pengelolaan Disperpa Kota Magelang. Dalam perjalanannya KBS mulai menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Magelang dan sekitarnya. Setiap hari tak kurang 200 pengunjung datang ke Kebun Bibit Senopati. Mereka berkunjung dengan beragam kepentingan, ada yang sekedar menikmati suasana, ada pula yang sekedar selfie atau swafoto. Hal ini karena penataan Kebun Bibit Senopati yang instagramable dan menjadi salah satu tempat paling hits di Kota Magelang untuk urusan berswafoto. (among_wibowo, red)