PERINGATI HARI IBU, TP PKK KOTA MAGELANG GELAR RAPID TEST UNTUK PEREMPUAN

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-92, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Magelang menggelar rapid test untuk perempuan. Acara ini diselenggarakan di Lab Kesehatan Kota Magelang, Senin (21/12/20) dan dibagi menjadi tiga sesi guna mengurangi kerumunan. Rapid test digelar sesuai Intruksi Ketua TP PKK Pusat dan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Kota Magelang yang dibacakan oleh Wakil Ketua TP PKK, Demetrya Tetti Sugiharto, dikatakan bahwa rapid test dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka deteksi dini penularan Covid-19, mengingat terus meningkatnya angka penularan virus ini. Menurutnya, rapid test hanya untuk deteksi awal, yang terpenting dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona, yakni disiplin dalam menerapkan 3M.

“Jika nantinya ada yang reaktif, tentu akan segera dilakukan isolasi sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan, namun jangan panik,” jelas Demetrya.

Disampaikan, rapid test diperuntukkan bagi 100 orang kader PKK. Namun jika melebihi jumlah kuota, maka akan tetap dilayani dan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Magelang. Lebih lanjut, Ia menerangkan bahwa pada momentum Hari Ibu di tengah wabah Covid-19 yang masih melanda, peran ibu sangat sentral dalam rangka melindungi keluarga untuk melawan penularan Covid-19

“Para ibu merupakan garda terdepan bagi keluarga dalam memberikan perlindungan bagi anggota keluarga dirumah. Ibu harus mampu memberikan contoh, memberikan nasihat serta edukasi kepada anak agar tetap patuh dan disiplin jalankan protokol kesehatan,” ujarnya. (Diskominsta)