Hari Kebangkitan Nasional 2022, Momentun Bangkitkan Semangat Nasionalisme

KOTA MAGELANG - Wali Kota Magelang dr. Muchammad Nur Aziz memimpin langsung upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 Tahun 2022 di halaman belakang Kantor Pemerintah Kota Magelang, Jumat (20/5/2022).
 
Hadir dalam upacara ini Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur  Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono, Kepala OPD dan BUMD di jajaran Pemkot Magelang serta para ASN di lingkup Kantor Walikota Magelang.
 
Dokter Aziz mengajak masyarakat Kota Magelang untuk menggelorakan semangat nasionalisme serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
 
“Pada tahun ini, ‘Ayo Bangkit Bersama' menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir,” katanya saat membacakan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.
 
Pada kesempatan itu, peserta upacara diajak menelaah kembali esensi dibalik Hari Kebangkitan Nasional, dimana tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia.
 
“Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Organisasi ini menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan” papar Dokter Aziz.
 
Dikatakan, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.
 
“Penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional,” lanjutnya.
 
Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidency G20 tahun 2022. Hal ini diharapkan memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.
 
Usai upacara, dokter Aziz berkesempatan untuk memberikan pembinaan terhadap 27 ASN yang melakukan pelanggaran bolos kerja pasca liburan Idul Fitri.
 
Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono menjelaskan pembinaan ini dimaksudkan agar besok ASN tidak mengulangi pelanggaran tersebut. Pelanggaran dimaksud adalah tidak berada di tempat kerja pasca cuti Idul Fitri.
 
“Sanksinya nanti akan kita hitung pengurangan tunjangan kinerja sesuai ketentuan. Intinya mereka yang melanggar supaya tidak melanggar lagi, dan bagi ASN lainnya dijadikan pelajaran supaya tidak mencontoh. Harapannya, ASN di Kota Magelang bisa benar-benar menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik,” tegas Joko. (Pemkotmgl).