Kader PKK Diminta Pahami Teknologi Informasi

Sebanyak 45 ibu-ibu PKK di Kota Magelang mengikuti pelatihan komputer yang diadakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BMPKB) Kota Magelang di gedung wanita. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pengurus PKK di bidang komputer.

“Sekarang eranya sudah berbeda, apa-apa pakai komputer. Kami ingin para kader PKK  mampu dan memahami serta terampil mengoperasikan komputer,” kata Dra Wulandari Wahyuningsih, kepala BMPKB Kota Magelang, kemarin.

Kegiatan yang berlangsung 10 hari ini, para peserta akan mendapat beberapa materi dasar pengenalan komputer dan juga  praktek mengetik. Wulan menerangkan  pelatihan ini juga tak lepas dari upaya kesetaraan dan keadilan gender, bahwa perempuan khususnya bisa bersaing dan mandiri di bidang teknologi informasi.

“Apalagi Kota Magelang baru saja meraih penghargaan Parahita Ekapraya Utama. Kita berkomitmen serta semangat untuk meningkatkan SDM kader PKK yang handal dalam pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu walikota magelang yang diwakili Staf Ahli Bidang Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Kota Magelang Drs Djatmo Wahyudi saat membuka acara tersebut berharap para pengurus PKK Kota Magelang bisa mengikuti dan mengoperasikan perangkat informasi sesuai teknologi yang dibutuhkan saat ini.

Ia mengatakan saat ini akses informasi berkembang dengan pesat, jika para kader dan pengurus PKK minimal bisa mengopersikan komputer,akan mempermudah menyampaikan suatu program pembangunan secara umum maupun program PKK, cepat ditindaklanjuti hingga lapisan paling bawah, termasuk umpan balik dan pelaporannya.

“Saya yakin para pengurus PKK yang telah menguasai ketrampilan komputer, akan semakin bertambah wawasannya. Tentunya harus bisa melahirkan inspirasi, kreasi dan inovasi yang berguna dan dapat disumbangkan untuk pembangunan Kota Magelang,” tuturnya.