Program Zona Nilai Tanah untuk Tingkatkan PBB

MAGELANG - Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah 9DPPKD) Kota Magelang pada tahun 2014 akan meningkatkan potensi pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB P2) melalui program zona nilai tanah (ZNT).
Program tersebut bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang. "Melalui program itu kami menghitung nilai atau harga tanah saat ini sesuai kondisi di lapangan, yang selanjutnya digunakan untuk menetapkan nilai jual objek pajak (NJOP),"kata kepala DPPKD, Larsita SE MSc, kemarin.
Dia membenarkan, rencananya PBB naik pada tahun 2014. NJOP yang kali pertama dievaluasi melalui program ZNT adalah komplek pemukiman baru dan obyek pajak yang sudah berubah benruknya.
"Wajib pajak lainnya dilaksanakan akan dilaksanakan bertahap, dan ZNT berlaku selama tiga tahun, "ujarnya sambil menambahkan, nainya PBB pada tahun 2014 terkait dengan upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).
Kendala
Mngenai kendala, mantan Kabag  Tata Pemerintahan itu menerangkan, instansinya belum memiliki petugas penilai obyek PBB baik massal maupun individual.
Saat ini Pemkot Magelang sedang menyekolahkan dua PNS di Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) untuk klarifikasi peniai properti. Untuk sementara PNS yang disekolahkan cukup dua orang, karena wilayah Kota Magelang kecil hanya terdiri tiga kecamatan.
Penerimaan PBB P2 Kota Magelang sejak tahun 2010 terus meninngkat dan melampaui target yang ditetapkan. Tahun 2010 terus meningkat dan melampaui target yang ditetapkan. Tahun 2010realisasinya mencapai 104%, tahun 2011 sebanyak 108% dan tahun 2012 pencapainya 138%.