PMI Kota Magelang Dituntut Lebih Aktif Cari Sumber Dana

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang diminta lebih aktif untuk mencari sumber dana untuk mencukupi kegiatan operasionalnya. Hal itu disampaikan Ketua PMI Jateng Sasongko Tedjo, usai melantik pengurus PMI Kota Magelang periode 2013-2018 di Pendopo Pengabdian, Rabu (30/10).

Sumber dana tersebut menurut Sasongko tidak hanya bergantung dari bulan dana PMI yang rutin dilakukan tiap tahun, melainkan bisa digali dari sektor usaha lainnya, misal membangun kemitraan dengan para donator serta berbagai usaha lainnya yang masih relevan dengan kegiatan PMI.

“Sumber dana PMI tidak hanya dari bulan dana PMI, bisa menjaring para donator, buka poliklinik kesehatan, serta berbagai usaha lainnya yang relevan dan tentunya sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Ia mencontohkan PMI Kabupaten Banyumas dan  Kota Surakarta, yang telah dianggap berhasil mencari sumber dana dari usaha poliklinik kesehatan. Hasil dari usaha tersebut telah sangat membantu menopang kegiatan operasional PMI, seperti  untuk keperluan sosial, kesehatan, penanggulangan bencana, serta kegiatan lainnya.

“Saya minta pengurus PMI yang baru harus bisa pro aktif untuk kembangkan sumber daya yang ada. Yang tak kalah penting pemerintah juga harus mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kinerja PMI Kota Magelang, terbukti rapor enam indikator penilaian mandapat warna hijau, artinya apa yang telah dilaksanakan oleh PMI Kota Magelang sudah sesuai dengan nafas dan program PMI secara umum.

Sementara itu Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito MT meminta kepada pengurus PMI yang baru agar  lebih tanggap dan peka menghadapi permasalahan, gejolak dan tantangan yang muncul di masyarakat.

Menurutnya kegiatan PMI jangan hanya bersifat rutin atau klasik, namun harus bisa benar-benar menyentuh dan mamahami kepentingan masyarakat sesuai dengan tuntutan jaman.

“Tanggap permasalahan tidak hanya di wilayah Kota Magelang saja, harus peka juga melihat permasalahan di wilayah sekitar kita maupun wilayah lainnya, karena ini merupakan misi sosial dan kemanusiaan yang sewaktu-waktu dibutuhkan kapanpun dan dimanapun,” pinta Sigit.

Seperti  diketahui, bulan September kemarin telah dilaksanakan Musayawarah Kota VII PMI Kota Magelang. salah satu agenda kegiatan yakni pemiliihan pengurusan baru PMI untuk masa bhakti 2013-208. Terpilih sebagai ketua PMI Kota Magelang untuk lima tahun mendatang yakni Sukardi, serta sejumlah pengurus inti lainnya, baik dari kalangan pengusaha, birokrat, dan elemen lainnya.