Diwarnai Potong Nasi Tumpeng, Disperpa Kota Magelang Konsolidasi Gelaran Kontes Aglaonema Nasional Jilid 2 Pada AFE 2019

MAGELANG-Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang hari minggu (18/08) menggelar konsolidasi bersama Komunitas Aglaonema Magelang di Erdi Garden, Jalan Lingkar Selatan Sidoharjo, Prumpung, Taman Agung-Muntilan. Kegiatan konsolidasi itu sekaligus untuk pemantapan persiapan Kontes Aglaonema Nusantara Jilid 2 yang akan digelar pada 22 September 2019 dalam bingkai gelaran Agri Flori Expo (AFE)  2019 tanggal 20 – 22 September 2019 di Gedung Ahmad Yani Kota Magelang. Kegiatan konsolidasi yang dihadiri pimpinan Disperpa dan puluhan perwakilan Komunitas Aglaonema Magelang itu diwarnai dengan pemotongan nasi tumpeng di sela-sela acara.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko dalam sambutan yang disampaikan Kepala Bidang Pertanian, Agus Dwi Windarto, mengharapkan Kontes Aglaonema Nasional Jilid 2 dapat berjalan sukses dan lancar. Ekspektasi kami, lanjutnya dapat memecahkan rekor nasional lagi dalam jumlah peserta seperti yang pernah terjadi tahun lalu dalam kontes Aglaonema Nasional Jilid 1. “Kontes Aglonema di Kota Magelang ini diharapkan menjadi sarana unjuk pesona dari tanaman aglaonema, yang juga dikenal dengan Sri Rejeki milik seluruh pelaku budidaya, hobbies dan kolektor tanaman aglaonema dari segenap penjuru Indonesia,”katanya.

Ditempat terpisah, Kasi Prasarana dan Sarana Pertanian, Yhan Noercahyo Wibowo selaku koordinator pelaksana kegiatan menambahkan bahwa kontes aglaonema di Kota Magelang ini selalu mengambil label Nasional. Hal ini dikarenakan memang animo peserta sangat luar biasa sepanjang penyelenggaraan tahun lalu. “Kelas yang dilombakan pun tak tanggung-tanggung, ada 6 kelas lomba mulai Pemula Lokal, Jouvenil (max 9 daun), Kocin (bebas), Rumpun Snow White, Rumpun Non Snow White hingga Tunggal Dewasa (min 10 daun),”jelasnya.

Menurutnya, sampai sejauh ini sesuai dengan konfirmasi yang sudah masuk kepada pihaknya, Kontes Aglaonema Nusantara Jilid 2 akan dihadiri oleh perwakilan komunitas dan hobbies Agalonema dari 5 provinsi. “Kelima provinsi tersebut adalah Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Sumatra dan Provinsi Bali. Kontes semakin qualified dengan hadirnya Juri bertaraf Nasional yang sangat professional, menjadikan event ini semakin dinanti pecinta tanaman hias aglaonema,”ungkapnya.

Di penghujung kegiatan dilakukan prosesi pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur terlaksananya kegiatan konsolidasi. Sejumlah anggota Komunitas Aglaonema Magelang berharap kegiatan Kontes Aglaonema Nasional Jilid 2 yang sudah direncanakan diberikan kemudahan dan kesuksesan. Disaksikan segenap yang hadir, prosesi pemotongan dan penyerahan tumpeng dilakukan oleh Oyok selaku ketua Komunitas Aglonema Magelang kepada Agus Dwi Windarto selaku perwakilan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang. (among_wibowo, red)