ICMI Orda Magelang 2021-2026 Dikukuhkan

KOTA MAGELANG – Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Magelang periode 2021-2026 resmi dikukuhkan oleh Ketua ICMI Korwil Jawa Tengah, Suradi Wijaya Saputra, di Pendopo Pengabdian Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Rabu (17/11/2021).

Wali Kota Magelang, dr Muhammad Nur Aziz mengatakan, sejak mahasiswa ia sudah akrab dengan ICMI baik di daerah maupun provinsi Jawa Tengah. Menurutnya, ICMI adalah harapan untuk kemajuan bangsa ke depan.

Para pengurus baru ini dituntut memiliki program yang mengakar ke masyarakat. Organisasi ini juga diminta dapat memberikan solusi bagi persoalan-persoalan masyarakat sampai tingkat paling bawah.

“Saya harap, ICMI memililiki program yang mengakar ke masyarakat. ICMI itu kan membawa konsep masyarakat madani (civil society), sehingga harus benar-benar menyentuh akar masalah masyarakat,” ujarnya.

Dokter Aziz menilai, apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini harus bisa ditangkap oleh para cendekiawan muslim ini. Pemkot Magelang pun komitmen untuk mendukung keberadaan ICMI Orda Magelang yang kepengurusannya campuran antara Kota dan Kabupaten Magelang ini.

“ICMI harus kembali ke marwahnya. Buat program yang solutif bagi warga. Saat ini masyarakat sedang terkena musibah pandemi Covid-19, maka ICMI harus mampu menjawab tantangan ini. Meskipun masyarakat sekarang sudah mulai bangkit,” katanya.

Sementara itu, Ketua ICMI Orda Magelang, Dr Ir Suharsono MT mengutarakan, di bawah kepengurusannya ini, pihaknya ingin fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Sebab, SDM yang unggul adalah SDM yang profesional, produktif, dan inovatif.

“Tak kalah penting, SDM yang berkepribadian Indonesia. Ada banyak peluang di depan, kita pun harus siap menangkap itu. Termasuk banyak juga ancaman dan kelemahan yang harus bisa kita atasi bersama,” jelasnya.

Untuk dapat membentuk masyarakat yang produktif, katanya, diperlukan wadah berupa ICMI ini. “ICMI menjadi wadah upaya kita mewujudkan masyarakat yang produktif. Kita punya tantangan ke depan untuk dapat mewujudkan hal itu. Kita optimis bisa,” ungkapnya.

Hadir pada acara tersebut Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi yang mewakili Bupati Magelang, Zaenal Arifin. Termasuk dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten dan Kota Magelang, Ketua MUI Kota dan Kabupaten Magelang. (pemkotmgl).