Penerapan Sistem Zonasi, 15 SD dan 1 SMP di Kota Magelang Kekurangan Calon Murid

Akibat penerapan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019/2020  
untuk kali pertama di Kota Magelang berdampak pada adanya SD dan SMP negeri yang kekurangan murid.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Taufik Nurbakin mengatakan, dari total 61 SD negeri yang ada di Kota Sejuta Bunga, hingga PPDB tahap kedua berakhir
ada 15 yang masih kurang siswa. Ke-15 SD tersebut tersebar di tiga kecamatan yang ada.

“Sementara untuk SMP negeri hanya satu sekolah yang kurang murid, yakni SMP 11 Magelang di wilayah Kecamatan Magelang Utara,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (16/6/2019).

Dia menambahkan, salah satu penyebab kekurangan calon siswa ini karena memang sudah diterapkannya sistem zonasi. Selain itu, juga jumlah penduduk usia sekolah yang lebih sedikit dibandingkan dengan daya tampung sekolah yang ada.

“Faktor lain jumlah sekolah, utamanya SD yang cukup banyak mencapai 61 sekolah,” katanya.

Untuk mengisi daya tampung calon siswa, masing-masing sekolah telah membuka pendaftaran tahap kedua pada 22-23 Mei lalu. Akan tetapi, hingga saat ini masih saja ada kekurangan calon siswa.

“Hal ini sesuai petunjuk teknis PPDB yang dilakukan secara daring baik tingkat SD maupun SMP. Termasuk membuka pendaftaran kembali hingga pelaksanaan tahun ajaran baru 2019/2020 pada 15 Juli mendatang,” jelasnya.

Dia menyebutkan, dengan adanya sekolah yang kekurangan siswa tersebut, utamanya SD, pihaknya sedang mengkaji kemungkinan dilakukannya penggabungan (regrouping) sekolah yang memiliki siswa kurang dari 20 orang per rombongan belajarnya.

Sementara itu, Kepala SMP 11 Magelang, Al Kukuh Santoso mengaku, hingga saat ini sekolahnya yang ada di Jalan Tentara Genie Kampung Dumpoh, Kelurahan Potrobangsan ini memang masih kekurangan siswa sekitar 35 orang. Adapun total daya tampung sebanyak 200 siswa.

“Kami masih minta izin ke dinas untuk membuka kembali pendaftaran hingga pelaksanaan tahun ajaran baru mendatang,” ucapnya.(https://www.wonosobozone.com/)