Antisipasi Penularan Virus Corona, Disperpa Semprot Disinfektan dan Tutup Sementara Kunjungan Ke KBS Kota Magelang

MAGELANG – Ditengah merebaknya pandemi virus Corona, Dinas Pertanian dan Pangan Kota (Disperpa) Kota Magelang kemarin (17/03/2020) melakukan langkah antisipatif dengan menyemprotkan cairan disinfektan di Kebun Bibit Senopati (KBS). Penyemprotan dilakukan pada bagian bangunan yang seringkali menjadi titik sentuh/kontak para pengunjung KBS. Antara lain pagar yang berbatasan langsung dengan jalan dan pagar di area pergola KBS. Tak hanya itu, salah satu ikon kebanggaan Kota Magelang itu juga ditutup sementara selama 2 minggu hingga akhir Maret mendatang.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko ditemui di ruang kerjanya menjelaskan kegiatan penyemprotan disinfektan merupakan kegiatan tanggap darurat yang dimaksudkan untuk sterilisasi lokasi KBS. Hal ini mengingat KBS merupakan salah satu obyek yang sering dikunjungi wisatawan dari dalm dan luar daerah Kota Magelang. “Kegiatan disinfeksi semacam ini harus menjadi SOP kita bersama dalam menghadapi pandemi virus Corona,”ujarnya.

Eri menambahkan pihaknya memutuskan menutup sementara aktivitas kunjungan KBS selama 2 minggu mengikuti arahan dan kebijakan Walikota Magelang pada hari minggu malam (15/03/2020). Tujuan penutupan sementara untuk meminimalkan terjadinya kerumunan massa dan mengimplementasikan “sosial distancing” sehingga penularan wabah virus Corona dapat diminimalisir. “Penutupan KBS bersifat dinamis mengikuti perkembangan situasi kondisi sampai dengan akhir maret dan arahan lebih lanjut dari Walikota Magelang,”tandasnya.

Terkait kegiatan penyemprotan disinfektan, Eri juga tak menampik akan dilakukan kegiatan serupa di sejumlah obyek vital Disperpa seperti kantor pusat Disperpa, Puskeswan, RPH dan BBI. “Pada prinsipnya Disperpa akan terus berkontribusi untuk mengurangi resiko penyebaran virus Corona mulai dari aset yang dikelola Disperpa dan terus mendorong ASN di Disperpa untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam mendukung aktivitas kerjanya,”pungkasnya (among_wibowo, red)