Ketua TP PKK Kota Magelang Apresiasi Kinerja KSM OSSM Kembangkan Integrated Urban Farming, Kadisperpa Harapkan Sinergi Wujudkan Magelang Cantik

MAGELANG – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang, Niken Ichtiaty Nur Aziz, hari sabtu (16/10/2021) sidak kunjungan ke kebun pembibitan tanaman sayuran Kelompok Swadaya Masyarakat Omah Sayur Songo Makmur (KSM OSSM) kelurahan Jurangombo Selatan. Niken Ichtiaty mengapresiasi kinerja KSM OSSM yang sukses mengembangkan pertanian perkotaan (urban farming) dengan kegiatan bercocok tanam sayuran di lahan-lahan sempit melalui pemberdayaan masyarakat utamanya perempuan (ibu-ibu, red). Hadir dalam kegiatan tersebut para anggota KSM OSSM dan perwakilan pengurus PKK di Jurangombo Selatan.

Dalam kesempatan itu, Niken Ichtiaty yang juga istri Walikota Magelang itu menjelaskan kegiatan urban farming seperti yang dijalankan KSM OSSM perlu terus ditumbuhkembangkan di seluruh lapisan masyarakat Kota Magelang. TP PKK Kota Magelang, lanjutnya, terus mendorong upaya pemberdayaan perempuan melalui kegiatan urban farming sekaligus mewujudkan program unggulan Walikota Magelang, Magelang Cinta Organik (Magelang Cantik). “Kami berharap kegiatan urban farming ini mampu meningkatkan aktivitas masyarakat khususnya perempuan lebih produktif. Anak-anak dan remaja menjadi lebih mengenal pertanian dan peduli kepada lingkungan, tidak lagi terkungkung budaya gadget yang berlebihan,”tandasnya.

Kadisperpa, Eri Widyo Saptoko, dihubungi secara terpisah menyatakan rasa syukurnya atas perhatian Ketua TP PKK Kota Magelang kepada salah satu binaan Disperpa itu. Lebih lanjut Eri berharap semakin kuatnya sinergi antara Disperpa, masyarakat dan TP PKK Kota Magelang dalam upaya mengembangkan pertanian perkotaan (urban farming). “Sinergi yang kuat antar elemen masyarakat akan memudahkan pengembangan urban farming yang muara akhirnya pada terwujudnya Magelang Cinta Organik (Magelang Cantik) sebagai salah satu program unggulan Walikota Magelang,”jelasnya.

Eri menambahkan Disperpa memang sudah sejak lama berupaya menggenjot budidaya tanaman sayuran di lahan-lahan sempit milik masyarakat. Disperpa hadir di tengah-tengah masyarakat guna memperkuat aktivitas urban farming masyarakat melalui penumbuhan dan pengembangan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Hal ini didasari kenyataan semakin sempitnya lahan pertanian yang berbentuk sawah dan tegalan. Terinformasi luas lahan pertanian produktif di Kota Magelang saat ini tinggal menyisakan 142,83 ha sawah dan 18,51 ha tegalan saja, sedangkan luas lahan pekarangan dan permukiman (menurut data BPS tahun 2019) malah mencapai 1.234 ha. “Ada potensi yang relatif besar untuk kita dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dengan budidaya tanaman sayuran,”tegasnya.

Terpisah Ketua KSM OSSM, Linarti menceritakan kebahagiaannya mendapatkan kunjungan tidak terduga dari istri Walikota Magelang. Setelah kunjungan itu, Linarti dan anggota KSM OSSM yang berjumlah sekitar 30 orang itu serasa mendapatkan energi positif dan tambahan semangat baru untuk beraktivitas lebih baik dan inovatif dalam ber-P2L. Saat ini dengan pendampingan penyuluh pertanian dari Disperpa Kota Magelang, kelompok yang belum genap setahun berdiri itu aktif mengelola lahan seluas hampir 10.000 meter persegi di wilayah Jurangombo Selatan.

Mengemban konsep integrated urban farming, KSM OSSM menanami lahan dengan berbagai jenis sayuran seperti cabai, tomat, terong, varian sawi dan mentimun. Selain itu mereka juga melakukan integrasi usaha tani dengan rumah jamur, ternak dan kolam ikan. Dalam kurun 8 bulanan, tak kurang sudah lebih dari 400 kg panenan sayuran all varian diproduksi secara rutin. “Hasilnya sebagian untuk konsumsi keluarga/anggota dan sebagian dijual untuk kas kelompok,”pungkas Linarti. (among_wibowo, red)