KOTA MAGELANG RAIH KIP JATENG AWARD 2020 KATEGORI MENUJU INFORMATIF

Hari ini, Rabu (16/12/2020) Pemerintah Kota Magelang secara daring mengikuti penganugrahan KIP Jateng Award 2020 yang merupakan rangkaian akhir dari kegiatan Anugrah Keterbukaan Informasi dalam Masa Pandemi Covid-19. Acara ini digelar oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah.

Ketua KIP Jateng, Sosiawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa di masa pandemi ini anomali informasi berpotensi merusak sendi-sendi bangsa. Informasi yang tidak akurat justru lebih cepat penetrasinya dalam masyarakat. "Meski pandemi, layanan publik harus tetap berjalan. Keterbukaan harus menjadi etos kerja dalam rangka mewujudkan good governance," ungkapnya. Ia juga menyampaikan selamat kepada Provinsi Jateng yang menyabet sebagai provinsi kategori Paling Informatif tingkat nasional selama tiga kali berturut-turut.

Membuka acara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan secara tegas bahwa integritas informasi harus selalu dijaga. Masyarakat sekarang dapat mengakses informasi dengan cepat. Oleh karena itu badan publik harus mampu menyediakan data dan informasi yang kredibel. "Tugas kita adalah mencatat data secara presisi dan menyampaikan informasi secara kredibel," tegasnya.

Ganjar juga menerangkan bahwa banyaknya "gorengan" informasi yang menyebabkan dampak negatif harus dimitigasi dan diminimalisir dengan baik. Informasi publik yang benar akan membiasakan badan publik untuk menjadi lebih berintegritas.

Pada anugrah tahun ini Pemerintah Kota Magelang meraih kategori sebagai badan publik "Menuju Informatif".  (Diskominsta)