Wali Kota Magelang Ajak Warga Cintai Produk Daerah Sendiri

KOTA MAGELANG – Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai produk-produk Kota Magelang. Produk daerah sendiri terbukti memiliki kualitas yang bagus.

 “Masyarakat kita dorong mencintai produk daerah sendiri. Kita lihat produk Kota Magelang itu bagus-bagus,” ujar Dokter Aziz, usai membuka Magelang Craft Expo 2021, di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang, Sabtu (13/11/2021).

Pemerintah Kota Magelang selalu mendukung kemajuan Industri Kecil Menengah (IKM) dengan membantu pemasaran. Salah satunya, dengan menggelar pameran-pameran baik di dalam maupun luar daerah.

Lebih lanjut, Magelang Craft Expo 2021 sengaja digelar di Taman Kyai Langgeng dengan maksud agar obyek wisata itu ikut terangkat. Sehingga geliat pariwisata, yang berimbas pada ekonomi masyarakat, pulih kembali setelah dihantam pandemi Covid-19.

Dokter Aziz mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lokasi pameran.

 “Kita bantu pemasaran, dengan pameran-pameran dan menjualnya. Kalau bantuan modal ada dari pemerintah pusat, atau bisa langsung ke Bank Magelang,” imbuhnya.

Dokter Aziz melanjutkan, Kota Magelang sedang menjajaki kerjasama dengan Kota Tula, Rusia. Beberapa produk lokal terpilih akan dibawa ke Kota Tula untuk diperkenalkan.

“Sebagian produk kita yang kita pilih akan dibawa ke Kota Tula, pada program sister city. Produk fashion, kerajinan, dan sebagainya. Sekalian kita pameran di sana, ” paparnya.

Sebagai informasi, tidak kurang 60 industri kecil menengah (IKM) kerajinan se-Kota Magelang ikut kegiatan tersebut. Mereka menempati sekitar 45 stand.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo mengatakan, Kota Magelang sudah PPKM level 1 dan pameran ini untuk mengembalikan IKM kerajinan yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Tak hanya geliat usaha mereka saja, tapi juga menunjang geliat perekonomian Kota Magelang secara umum. Selama pandemi mereka begitu terdampak, termasuk ekonomi kota yang juga terpengaruh Covid-19. Sehingga, dengan pameran ini diharap ekonomi kita dapat bangkit lagi,” katanya.

Di pameran ini ada banyak jenis kerajinan yang ditampilkan, mulai dari batik, kerajinan berbahan kayu, manik-manik, hingga mainan anak-anak. Termasuk olahan makanan juga dipamerkan guna melengkapi momen ini.

 “Target kita mengenalkan produk kerajinan Kota Magelang dan membuka peluang pasar mereka. Tak kalah penting, sarana komunikasi antara pelaku usaha sendiri dan dengan pemerintah serta masyarakat. Target penjualan target berikutnya yang diharap produk mereka laku keras,” jelasnya.

Bagi pelaku IKM, pameran ini bermanfaat untuk menambah jaringan dan memperluas pasar. Selain itu juga memberikan wawasan bagi calon pembeli tentang produk yang digelar. Karena belum tentu yang dipamerkan dibeli langsung saat pameran, tapi bisa juga dipesan pada saat dibutuhkan.

“Kami senang dengan adanya pemeran seperti ini. Tujuan kita ikut pameran adalah brand awareness, pengenalan ke calon customer. Mungkin saat ini mereka belum butuh, namun suatu saat bila membutuhkan mereka bisa menghubungi kami,” ujar Erga, pengelola salah satu stand di Magelang Craft Expo 2021.(pemkotmgl)