TIM PENILAI VERIFIKASI INOVASI KOTA MAGELANG DALAM LOMBA KESATUAN GERAK PKK BANGGA KENCANA KESEHATAN TINGKAT PROPINSI TAHUN 2020

Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menerima kunjungan verifikasi lapangan dari tim penilai Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Tahun 2020 di Kelurahan Cacaban RW 09, Kecamatan Magelang Tengah, Senin (16/11/2020). Tujuan verifikasi Inovasi ini yaitu untuk memastikan bahwa inovasi yang disampaikan oleh Kota Magelang sebelumnya benar-benar dilakukan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kota Magelang khususnya anggota PKK. Hasil dari verifikasi lapangan ini nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan untuk diikutsertakan dalam inovasi terbaik Nasional.
 
Plt. PKK Kota Magelang, Dwi Arni Joko Budiyono mengatakan bangga dengan Kota Magelang yang masuk 3 besar untuk PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Tengah  Tahun 2020. Ia juga memaparkan berbagai kegiatan Tim Penggerak PKK Kota Magelang dan berbagai inovasi yang telah dilakukan. Ia juga menambahkan, masuknya Kota Magelang ke dalam nominasi tidak lepas dari kerjasama dan kerja keras semua pihak yang terlibat dalam lomba kesatuan gerak PKK. 
 
Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono mewakili Wali Kota Magelang menyambut kedatangan Tim Penilai. Dalam sambutannya, Joko mengatakan bangga karena dengan pencapaian ini menunjukkan kesungguhan Kota Magelang dalam melaksanakan intensifikasi peran PKK dalam program Keluarga Berencana (KB) Nasional dan pembangunan kesehatan. Dirinya berharap lomba ini dapat menjadi stimulan untuk meningkatkan target capaian tersebut melalui gerakan PKK yang masif dan berdaya. 
 
“Semoga kegiatan ini dapat menjadi pendorong semangat bagi kita semua untuk terus menggerakkan partisipasi masyarakat menuju kehidupan yang berkualitas, sejahtera lahir dan batin. Semoga evaluasi kali ini dapat meneropong lebih jauh segala keunggulan dan sisi terbaik dari upaya kota magelang dalam meningkatan derajat kehidupan masyarakat,” tutupnya.
 
Selain itu, Kabid KBKIE Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah, Yuli Arsianto mengatakan penilaian ini sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya mengingat pandemic yang sedang berlangsung, dimana tahun lalu penilaian yang dilakukan dapat melibatkan komponen masyarakat dan lebih dapat mendalami kegiatan dan inovasi yang dilakukan. 
 
“Semoga hasil penilaian hari ini kita semua mendapatkan hasil yang terbaik dan yang paling pasti semua ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.
 
Pada penilaian kali ini Kota Magelang menyajikan kategori Kesrak (Administrasi, rumah data, pelayanan KB,dll), kategori PHBS, kategori LBS dan keempat kategori Posyandu dan Posbindu, inovasi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). (Diskominsta)