CFD HAORNAS 36

Gelaran Car Free Day (CFD) Minggu (15/9) berlangsung meriah. Ribuan orang memadati kompleks Sport Center Kota Magelang di Kampung Sanden, Kramat Selatan, Magelang Utara.

Pagi itu, suasana pecah ketika seluruh warga mengikuti senam pagi massal yang dihelat dalam rangka merayakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019 di Kota Magelang.

Musik menghentak menjadi pemandu kala ribuan warga mulai mengikuti gerakan sejumlah instruktur senam aerobik di depan GOR Samapta. Suasananya sangat cair.

Gerakan tidak kompak dari beberapa peserta tak pelak memicu gelak tawa dari peserta lainnya. Meski demikian, semua tampak sumringah meski harus melawah sinar mentari pagi yang cukup menyengat.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina yang juga mengikuti setiap gerakan dari instruktur dari awal sampai akhir mengapresiasi antusias warga Kota Magelang dalam kegiatan tersebut. Dia menilai senam pagi merupakan implementasi tema Haornas ke-36 tahun ini, "Ayo Olahraga Di Mana Saja Kapan Saja".

"Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Termasuk di CFD perdana yang baru diselenggarakan di kawasan Sport Center ini sekaligus untuk mengenalkan bahwa fasilitas olahraga di Kota Magelang sudah sangat lengkap," ujarnya.

Windarti berharap keberadaan CFD makin bermanfaat bagi masyarakat. Dia ingin senam macam ini dan kegiatan olahraga lainnya makin rutin dilakukan oleh masyarakat, sehingga mampu memecah keramaian, yang selama ini hanya terpusat di Kecamatan Magelang Tengah dan Magelang Selatan saja.

"CFD ini selain bertujuan untuk mengurangi dampak polusi asap kendaraan, juga untuk memberi tempat bagi warga dalam hal menyalurkan hobi dan kegiatan olahraga yang aman dan nyaman," katanya.

Selain itu, Windarti juga menyebut, dampak adanya CFD memberikan keuntungan dari sisi ekonomi dan promosi pariwisata. Sebab, sedari pagi ratusan pedagang kuliner, kerajinan khas, pakaian, dan sebagainya, sudah memenuhi di lokasi-lokasi yang sudah disediakan.

"Dampak lainnya, promosi kita terhadap Sport Senter Kota Magelang di Sanden ini juga berkembang pesat. Baru pertama kali mengadakan CFD tapi antusiasmenya sangat luar biasa," tandasnya.

Dia meminta CFD ke depan akan dikemas lebih baik. Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) pun, katanya, memiliki kesempatan sama untuk mengelola.

"Tadi saya tinjau, ada pasar OPD juga di sini. Artinya, OPD-OPD bisa memamerkan, melayani masyarakat saat acara CFD, sehingga ada sinergitas dan silaturahmi yang tersambung antara pemerintah dengan masyarakat secara utuh," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Djarwadi menambahkan, rencananya CFD di Kota Magelang ini akan terus berlanjut tiap hari Minggu, mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

"Lewat CFD masyarakat terfasilitasi kegiatan berolahraga. Tidak sampai di situ karena CFD nantinya akan terus kita kembangkan, sehingga bisa menjadi kawasan hiburan yang menyehatkan di hari libur," papar dia.(humaspemkotmagelang)