Bermitra dengan Akademisi dan Masyarakat, Balitbang Mendampingi Inovator menuju Terciptanya Produk Inovasi Berbasis Teknologi

Bertempat di resto Kebon Semilir, hari ini Badan Litbang Kota Magelang menyelenggarakan seleksi produk inovasi masyarakat (16/5/2019). Kegiatan ini bertujuan melakukan seleksi terhadap produk-produk inovasi masyarakat hasil penjaringan Krenova Tahun 2019 potensial yang nantinya akan dikembangkan dalam kegiatan pengembangan dan penerapan produk teknologi dan inovasi Kota Magelang.
 
Kepala Balitbang, Arif Barata Sakti mengungkapkan bahwa kaum muda hendaknya memiliki jiwa inovator. Balitbang memiliki wadah untuk menampung ide-ide kreatif dan mendampingi hasil inovasi masyarakat sehingga harapannya ke depan produk krenova dapat diserap investor dan dikomersialisasi dengan baik, imbuhnya.
 
Kepala Bidang harmonisasi dan inovasi, Catur Adi Subagyo menyatakan bahwa kegiatan ini telah diawali dari kompetisi Krenova yang menghasilkan produk inovasi terpilih. Bermitra dengan akademisi, Balitbang juga berperan dalam mendampingi agar hasil kompetisi dapat diterapkan dan dikembangkan sehingga dapat diterima di pasar/masyarakat, memiliki daya saing dan meningkatkan perekonomian, cetusnya.
 
Acara ini digagas dan dipandu oleh Yetty Setiyaningsih, Kasubid Pengembangan dan Penerapan IPTEK Balitbang Kota Magelang. Para pemenang krenova yang berkesempatan memaparkan hasil inovasi antara lain yaitu 
Rusend-Cut alat pemotong dr plat bekas (wiku dan rusmiyati dari Kelurahan Potrobangsan), Smart Electric Stove kompor listrik dengan panel surya (Patra Agung, Bayu dan Agung Susanto dari Kelurahan Magelang), Medical Examination Outdoor (Damar Kuncoro Aji dari Kelurahan Cacaban), Pendidih Air Cepat (Purwadi dari Kelurahan Jurangombo Selatan), Automatic Drying Portable (Chamim Susanyo dari Botton) dan Net Desk meja laptop portable (Rizaldi Alfian Nur dari Kelurahan Wates).
 
Forum berlangsung dengan aktif. Audiens antusias memberikan komentar dan masukan terhadap inovator dengan harapan bahwa produk yang dihasilkan ke depan dapat disempurnakan dengan lebih baik.Pada segmen ini dihadirkan narasumber dari IST AKPRIND Yogyakarta. Acara ini akan menjadi agenda rutin Balitbangdi tahun-tahun selanjutnya sebagai bentuk komitmen dalam mendampingi dan meningkatkan kualitas inovasi masyarakat di Kota Magelang.