PRODUSEN DATA KOTA MAGELANG IKUTI FGD PUBLIKASI DATA SEKTORAL

Produsen data Kota Magelang mengikuti Focused Group Discussion (FGD) publikasi Daerah Dalam Angka (DDA) dengan tema Sinergi Mewujudkan Data Statistik Berkualitas. Acara digawangi oleh BPS Kota Magelang dan digelar di hotel Safira, Selasa (16/2/2021). 
 
Kepala BPS Kota Magelang, Sri Herawati mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan untuk memperoleh sinergitas dan masukan dari pengguna data. 
 
"Diharapkan terciptanya sinergitas, koordinasi, sinkronisasi dan standarisasi agar data yang disajikan atau dipublikasikan adalah data yang berkualitas dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan perencanaan dan kebijakan untuk pembangunan daerah serta data bisa bersifat kontinyu atau berkesinambungan," tuturnya.  
 
Pada kegiatan ini produsen data turut diundang dan mendapat pembekalan. Produsen data dihadirkan dari lintas OPD, instansi vertikal, lembaga pendidikan dan swasta di Kota Magelang.
Dinas Kominfo dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang didapuk sebagai narasumber. 
 
Sebagaimana diketahui DDA merupakan produk berbasis data yang sangat diminati pengguna data. Oleh karena itu publikasinya menjadi penting dan terus diupayakan peningkatan kualitasnya. 
 
Pemerintah Kota Magelang melalui Diskominsta sampai saat ini telah melakukan perbaikan dalam hal pengelolaan data sektoral di Kota Magelang. Hal tersebut meliputi perumusan dasar hukum perundangan, peningkatan kapasitas pengelola data dan pengembangan DataGO sebagai portal data terbuka. Kehadiran virtual assistant Bang Data merupakan salah satu inovasi yang mampu mendukung efektivitas kinerja pengelolaan data sektoral. (Diskominsta)