PERSIAPKAN SDM PENGELOLA WISATA, DISPORAPAR KOTA MAGELANG GELAR PELATIHAN PEMANDU WISATA SEJARAH DAN WARISAN BUDAYA

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang melaksanakan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya yang berlangsung di Hotel Trio Front One pada 15-17 September 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dari perwakilan pengelola tempat wisata, perwakilan SMK wisata dan beberapa perwakilan Duta Wisata Kota Magelang.

Plt Kepala Disporapar Kota Magelang, Machbub Yani Arfian menyampaikan latar belakang terselenggaranya kegiatan pelatihan ini dalam rangka mewujudkan dan mengembangkan kawasan strategis pembangunan pariwisata, dimana perlu dipersiapkan dan ditingkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaannya.

Sekretaris Daerah Kota Magelang, Drs. Joko Budiono, MM, turut hadir dan sekaligus membuka kegiatan tersebut. “Saya atas nama Pemkot Magelang mengucapkan selamat sekaligus apresisasi kepada jajaran Disporapar yang telah menginisiasi kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya ini” ungkap Joko.

Sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, Joko berharap kepada Disporapar Kota Magelang dan seluruh jajaran dunia wisata di Kota Magelang untuk lebih berhati-hati. Ia juga menekankan kepada seluruh narasumber kegiatan pelatihan ini untuk menyinggung masalah Covid-19. “Nanti juga harus mengacu kepada protokol kesehatan yg merupakan salah satu upaya dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, lanjutnya.

Adapun delapan lokasi wisata yang menjadi objek pelatihan diantaranya adalah Kebun Raya Gunung Tidar, Museum Abdul Djalil, Museum Diponegoro, Museum Sudirman, Museum Bumiputera , Museum OHD, Kampung Tulung dan Wisata Mantiasih.

Sekda Kota magelang berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta, Pemerintah Kota dan bagi masyarakat dalam rangka pengembangan pariwisata di Kota Magelang. (Diskominsta)