KOMIT DAN INOVATIF DALAM EFISIENSI ENERGI, PEMERINTAH KOTA MAGELANG RAIH JUARA 1 GERAKAN HEMAT ENERGI DAN AIR TINGKAT PROVINSI TAHUN 2020

Sabtu (15/8/2020) - Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Provinsi Jawa Tengah, Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, didampingi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang, Arif Barata Sakti, menerima penghargaan Juara 1 Gerakan Hemat Energi dan Air (HEA) Tahun 2020 kategori Instansi Pemerintah. 
 
Disampaikan melalui sambungan telepon, Arif mengatakan bahwa bukti penurunan yang signifikan dalam laporan penggunaan energi dan air setiap bulan pada kantor Balitbang Kota Magelang, diserahkan ke Bagian Perekonomian sebagai bahan pertimbangan untuk keikutsertaan dalam lomba Gerakan HEA ini. Menurutnya penurunan penggunaan energi dan air terjadi karena komitmen dari seluruh pegawai Balitbang Kota Magelang. Selain itu, Balitbang Kota Magelang juga memiliki gugus tugas HEA untuk melakukan monitoring dan evaluasi apabila ada kenaikan maupun penurunan terhadap penggunaan energi dan air secara berkala. 
 
“Disamping itu kami juga memanfaatkan hasil inovasi dari para inovator yang terjaring dalam krenova untuk kita implementasikan di Balitbang seperti alat penghemat listrik. Kemudian di masa pandemi ini, dari inovator juga membuat alat cuci tangan otomatis.” tambah Arif. 
 
Arif menghimbau masyarakat untuk terus melakukan Gerakan HEA dimulai dari lingkup rumah tangga. Hal ini diyakini nantinya akan menjadi kebiasaan yang dapat diterapkan di kantor dan di tempat-tempat lainnya. “Agar semua orang dapat menikmati dan menggunakan energi dalam jangka panjang, mari kita saling mengingatkan untuk mengehamat energi. Balitbang Kota Magelang berkomitmen untuk hemat energi hemat air demi kehidupan yang lebih baik di masa depan.” tegasnya. 
 
Sebagaimana diketahui, ini merupakan ketiga kalinya Balitbang Kota Magelang mewakili Pemerintah Kota Magelang dalam ajang yang sama. Pada penyelenggaraan sebelumnya, Balitbang juga berhasil meraih juara pertama dimana saat itu masih dengan nama Kantor Litbang dan Statistik. Di tahun ini terdapat dua OPD Pemerintah Kota Magelang yang masuk nominasi empat besar kategori instansi pemerintahan yaitu Balitbang dan Kecamatan Magelang Selatan. (Diskominsta)