EKSPEDISI BHAKTI PEMUDA PMK UNTUK NKRI TAHUN 2019 GERAKAN NASIONAL REVOLUSI MENTAL

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerja sama dengan Badan Kesbangpolinmas dan FKUB Kota Magelang menyelenggarakan Kegiatan Ekspedisi Bhakti Pemuda PMK untuk NKRI Tahun 2019 Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Sosialisasi Pelajar Lintas Agama pada hari Selasa, 12 November 2019 di Aula Badan Kesbangpolinmas yang diikuti oleh 100 pelajar SMA/SMK se Kota Magelang.

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mendukung Kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental atau Gerakan Perubahan (Aksi Nyata Melayani, Bersih,Tertib, Mandiri, dan /atau Bersatu), serta untuk mencegah penyebaran paham radikalisme dan aksi terorisme yang sudah semakin mengkhawatirkan yang bisa mengancam kondusifitas dan persatuan nasional. Oleh karena itu diperlukan penanganan secara serius, bukan hanya  oleh pemerintah dan aparat penegak hukum saja, akan tetapi masyarakat harus aktif terlibat dalam pencegahannya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang, Sofia Nur dalam penyampaian materinya menjelaskan bahwa untuk menangkal radikalisme dapat dilakukan secara preventif (pencegahan) bagi mereka yang belum terlibat dalam gerakan radikalisme dan kuratif (pengobatan) bagi mereka yang mulai tertarik gerakan radikalisme.

Upaya preventif dapat dilakukan dengan menanamkan jiwa nasionalisme, berpikiran terbuka dan toleran, waspada terhadap provokasi dan hasutan, berjejaring dalam komunitas positif dan perdamaian serta menjalankan aktivitas keagamaan dengan toleran. Sedangkan upaya kuratif memberikan pemahaman tentang bahaya dan dampak radikalisme, memberikan pemahaman tentang ajaran agama yang benar dan menguatkan nilai-nilai nasionalisme, toleransi, dan perdamaian.

Kegiatan diakhiri dengan Ikrar Bersama untuk menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama, serta dalam mengantisipasi penyebaran paham radikal untuk menjaga kondusifitas Kota Magelang.