SIMULASI PENGHENTIAN AKTIVITAS JELANG DETIK-DETIK PROKLAMASI DIGELAR HARI INI

Simulasi penghentian aktivitas di jalan persimpangan di wilayah Kota Magelang, dalam rangka peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI digelar hari ini, Kamis (13/8/2020) di simpang CPM kota Magelang. Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Adi mengatakan bahwa dengan simulasi ini, diharapkan saat pelaksanaan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 nanti tidak ada kendala.
 
"Kendaraan dan semua pengguna jalan di setiap titik persimpangan dihimbau untuk menghentikan semua aktivitasnya dan dengan khidmat mengheningkan cipta bersama dengan sikap sempurna selama tiga menit mulai 10.17–10.20 pada 17 Agustus nanti. Hal ini sebagai upaya untuk memupuk rasa persatuan dan kebangsaan", tegas Chandra. 
 
Chandra menjelaskan bahwa Dishub Kota Magelang bekerjasa sama dengan Polres Magelang Kota, TNI dan Satpol PP untuk menghentikan sejenak pengendara dan pengguna jalan lain di setiap titik persimpangan.
Ada 22 persimpangan, yang terdiri dari 17 simpang ber-APILL dan lima simpang tidak ber-APILL.
Masing-masing akan ditempatkan satu unit mobil atau motor patroli dari Kepolisian, Kodim , Sub Denpom, Dishub dan Satpol PP yang ada sirinenya.
Kasat Lantas Polres Magelang Kota, AKP Sugito menambahkan bahwa pada saat pelaksaan detik-detik proklamasi nanti, di titik persimpangan akan ditempatkan dua personil dari Polres Magelang Kota, dua personil dari Dishub, satu personil dari TNI dan satu personil dari Satpol PP. 
 
Simulasi hari ini berjalan dengan lancar. Pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 nanti serentak semua kendaraan akan dihentikan di 22 titik persimpangan dan akan dibunyikan sirine dalam waktu tiga menit. (Diskominsta)