SIMULASI PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA PILKADA 2020 DIGELAR DI KOTA MAGELANG

KPU Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Serentak Tahun 2020. Simulasi dan sosialisasi penggunaan Sirekap di tingkat TPS dalam pemilihan serentak 2020 dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan dibuka oleh Plh. Ketua KPU RI, Ilham Saputra di lapangan Candi Nambangan, Rejowinangun Utara Magelang, Sabtu (10/10/2020).
 
Ketua KPUD Kota Magelang, Basmar Perianto Amron mengatakan bahwa tujuan kegiatan simulasi ini adalah untuk merumuskan proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dalam kondisi bencana non alam Covid-19, mengidentifikasi potensi masalah yang dimungkinkan muncul dan merumuskan Iangkah penyelesaiannya.
 
Ilham Saputra dalam sambutannya mengatakan jika simulasi ini sudah dilakukan tiga kali yaitu di kantor KPU RI, di Indramayu Jawa Barat, Tangerang Selatan Banten dan saat ini di Kota Magelang.
 
"Sebagai penyelenggara Pemilu, kita terus mencari format yang tepat, dalam proses pemungutan suara agar masyarakat bisa datang ke TPS dengan nyaman dan tidak merasa takut dengan resiko penularan covid 19," ucapnya.
 
Ilham juga mengatakan jika pihaknya memberikan kewenangan kepada Bawaslu untuk menindaklanjuti pelanggaran pelanggaran kampanye. Bawaslu RI saat ini telah membuat kelompok kerja sebagai tindak lanjut terhadap pelanggaran pelanggaran kampanye. 
 
"Tanggung jawab penerapan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan tentu saja tidak hanya berada di pundak penyelenggara, hal ini merupakan komitmen seluruh masyarakat Indonesia untuk melaksanakan protokol kesehatan demi sukseskan Pilkada," tambahnya. (Disominsta)