Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 Kota Magelang

Selasa, (8/10/2019) Bertempat di Gedung Kyai Sepanjang  Kota Magelang, DPMP4KB Kota Magelang menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional ( HAN ) Tahun 2019. Hadir dalam kegiatan tersebut Tim gugus tugas yang terdiri dari Bappeda Kota Magelang, Dinas Sosial Kota Magelang, Disdukcapil Kota Magelang, DPU Kota Magelang, Dinas Kesehatan Kota Magelang dan Dinas Pendidikan Kota Magelang hadir pula pengurus dari Apsai, P2TP2, TP PKK Kota Magelang, Camat dan Lurah se-Kota Magelang,  pengurus Bank Magelang, Pengurus KPAD Kota Magelang dan Pengasuh Pondok Pesantren Dudan.
Kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 yang mengambil tema “Kita Anak Indonesia Kita Gembira”  dimeriahkan dengan penampilan Tari Oglek dari Al Iman, penampilan siswa-siswi SD Negeri 6 Kota Magelang yang menyanyikan lagu Padang Bulan dan lagu Three End, penampilan atau perform Tari Citra Cipta dan Tari Dara oleh Citra Cipta, penampilan pantomin oleh siswa SLB Negeri Kota Magelang, Perform Bela Diri oleh siswa SLB B/C Kota Magelang,  Perform Ensamble oleh SMP Tarakanita, Perform Tari dan Fashion Show oleh siswa siswi SLB Negeri Kota Magelang, Pemutaran Film, dan terakhir Perform Band oleh Alakarte Band.
Dalam Kegiatan tersebut juga diserahkan hadiah bagi pemenang lomba film pendek tingkat  SMP, SMA dan SMK dimana Tema yang diambil dalam lomba film pendek tersebut adalah 1. Stop Bulying, 2. Pernikahan Dini, serta 3. Bijak dalam Bersosial Media. SMP Mutual Kota Magelang berhasil menyabet juara I dengan judul film “ Kita Kawan Bukan Lawan” berhak mendapatkan hadiah sebesar, 1,5 juta rupiah  yang diserahkan oleh ketua gugus tugas KLA yang diwakili oleh sekretaris Bappeda, MA AL Iman menyabet juara II dengan judul film “Bangkitlah Generasi Muda” mendapatkan hadiah sebesar  Rp 1 juta rupiah yang diserahkan oleh Plt Kepala DPMP4KB, SMK Negeri 3 Kota Magelang dengan judul film “Titik Balik” menjadi juara ke III  mendapatkan hadiah sebesar 850 ribu rupiah yang diserahkan oleh Sekretaris Disdukcapil dan terakhir juara ke IV diraih SMK Kesdam dengan judul film “ Hidup Hanya Sekali” mendapatkan hadiah sebesar 500 ribu rupiah yang diserahkan oleh ketua Apsai.
Plt Kepala DPMP4KB menyatakan dalam sambutannya bahwa “Peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai wujud kepedulian Bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air”. Selanjutnya melalui peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 ini diharapkan pemerintah dan masyarakat bersama sama berpartisipasi secara aktif meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi dan memberikan yang terbaik dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Diharapkan  dengan adanya peringatan Hari Anak Nasional (HAN)  Tahun 2019 ini dapat menggugah setiap unsur dalam masyarakat, pemerintah dan semua pihak yang terkaitmenyadari akan pentingnya kualitas keluarga dan peran, tugas dan tanggungjawab  masing-masing dalam memenuhi hak dan melindungi anak – anak.