Pemkot Magelang Akan Beri Subsidi Kuota Internet Siswa

MAGELANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang akan memberikan subsidi pulsa atau kuota internet bagi siswa di wilayah ini untuk menunjang pembelajaran daring.

Selama pandemi Covid-19 ini kuota menjadi kebutuhan penting masyarakat, khususnya orangtua, siswa dan tenaga pendidik.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyatakan, sudah mengkaji rencana ini bersama DPRD Kota Magelang dan segera direalisasikan.

“Sudah dikaji, sudah saya setujui, tinggal merealisasikannya saja,” ujar Sigit, Kamis (10/9/2020).

Menurut Sigit, pembelajaran daring menjadi langkah yang bisa ditempuh di tengah pandemi yang tak kunjung usai ini. Selain memberikan subisidi kuota, Pemkot Magelang juga memanfaatkan radio lokal untuk pembelajaran jarak jauh.

”Radio terbilang mudah dijangkau oleh seluruh kalangan, juga gratis. Kita punya radio itu, ya kita manfaatkan untuk pembelajaran anak-anak kita yang sekolah,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang Agus Sujito menambahkan subsidi kuota akan diberikan selama 4 bulan, dengan besaran Rp 30.000 per bulan per siswa. Siswa yang diberikan mulai tingkat SD, MI, SMP, dan MTs.

“Pemerintah mengusulkan sebanyak 24.804 siswa mendapatkan bantuan sebesar Rp30.000 per bulan selama 4 bulan. Sebelumnya memang diusulkan hanya 2 bulan, tapi ditambah 2 bulan,” jelas Agus. 

Kebijakan tersebut ditempuh untuk mengurangi beban siswa dan guru jenjang SD-SMP sederajat yang menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) daring.

Menurutnya, bantuan kuota siswa ini murni berasal dari APBD Kota Magelang. Nantinya akan ditambah dengab subsidi kuota dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

“Ya, nanti akan ditambah dengan pusat, mekanisme sedang kita rumuskan, ” ungkap Agus. (pro/kotamgl)