Pelaksanaan TMMD Sengkuyung II di Kota Magelang Usai

Progam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II tahun 2019 tingkat Kota Magelang telah usai dilaksanakan, Kamis (8/8/2019). Penutupan ditandai dengan penyerahan kembali peralatan kerja dari pekerja kepada Letkol Infanteri Tentrem Raharjo, Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro, selaku inspektur upacara. Program TMMD Sengkuyung tahap II berlangsung sejak 10 Juli 2019, dilaksanakan di RT 2 RW X Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, meliputi kegiatan fisik dan non fisik.

Untuk kegiatan fisik, berupa pembangunan saluran irigasi sepanjang 71 meter. Sedangkan non fisik berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan perilaku hidup berih dan sehat dan penyuluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kemudian penyuluhan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) serta kamtibmas dan narkoba. Adapun total anggaran TMMD Sengkuyung tahap II ini mencapai Rp 360.158.000.

Letkol Infanteri Tentrem Raharjo, saat membacakan amanat dari Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, berpesan agar terus memupuk semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat. Kemudian, memelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa Inddonesia yang sudah terbina dengan baik selama ini. Ia juga berpesan kepada komandan satga TMMD untik melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD.

"Pelihara hasil program TMMD, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Kepada para prajurit, jalin terus silaturahmi dan hubungan baik dengan masyarakat," ungkapnya, dalam upacara penutupan TMMD Sengkuyung tahap II di lapangan SMA Negeri 5 Kota Magelang, Kamis (8/8/2019). Program ini tidak hanya dilaksanaan di Magelang saja, tapi dilaksanakan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan DIY.

Adapun wilayah penyebaran TMMD Reguler ke 105 tersebut diantaranya di Kabupaten Tegal, Demak, Klaten, dan Gunung Kidul DIY. “Melalui program ini TNI dan rakyat bergotong-royong mengerjakan pembangunan sarana fisik maupun non-fisik, harapannya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuh Tentrem. Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Setda Kota Magelang, Isa Ashari, menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap anggota TNI yang terus berkomitmen untuk membantu pembangunan daerah dengan program TMMD Sengkuyung.

TMMD hingga saat ini telah mampu menumbuhkan semangat gotong-royong masyarakat. Tidak hanya itu, program ini turut mendukung percepatan pembangunan serta membantu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, radikalisme dan terorisme untuk menangkal bermacam ancaman dari dalam. "Kegiatan TMMD memberikan dampak positif bagi masyarakat, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. Semoga sinergi rakyat dan TNI terus terjalin dengan baik," kata Isa. (humaspemkotmagelang)