Poktan sampai Peternak di Kota Magelang Dapat Bantuan JPE

MAGELANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang memberikan perhatian khusus kepada Kelompok Tani (Poktan), Tim Penggerak PKK (TP PKK), Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakkan), dan peternak se- Kota Magelang.

Mereka diberi pembinaan terkait penerapan adaptasi kebiasaan baru, serta bantuan Jaring Pengaman Ekonomi (JPE). 

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito berkesempatan langsung memberikan pengarahan serta menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para perwakilan pelaku usaha pertanian di Kota Magelang di Gedung Kyai Sepanjang pada Jumat (4/12/202)

“Jadi yang kita serahkan adalah bentuk perhatian pemerintah terhadap pelaku usaha pertanian secara luas, apapun bentuknya yang kita haturkan. Mudah-mudahan yang kita haturkan ini dapat bermanfaat bagi usahanya,” ujar Sigit di sela-sela kegiatan. 

Dalam kesempatan tersebut, dibagikan 153 paket bantuan kepada 28 Poktan. Paket berisi 1 kilogram benih kacang panjang, 1 kilogram benih buncis, 150 kilogram pupuk kandang, 1 botol pupuk organik cair, 1 kilogram NPK, dan 400 batang lanjaran. 

Kemudian, 17 paket bantuan kepada perwakilan TP PKK Kelurahan, berisi media tanam, pupuk benih, bibit dan polybag. 11 paket bantuan kepada Pokdakkan masing-masing berisi 10 kilogram benih ikan, 240 kilogram pakan ikan, serta 1 paket sarana produksi perikanan. 

Sementara para peternak juga menerima paket bantuan, berupa bantuan pakan sebanyak 250 kilogram untuk 2 orang peternak sapi perah dan 19 orang peternak sapi potong, serta 125 kilogram per orang untuk 5 orang peternak kelinci

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko menyebutkan, maksud dari pemberian bantuan ini adalah untuk membantu usaha budi daya dan peningkatan produksi guna berkontribusi dalam ketersediaan pangan kota.

“Harapannya, bantuan ini bisa bermanfaat sebaik-baiknya untuk usaha budi daya, produksi meningkat, dan membantu ketersediaan pangan di Kota Magelang, ” harap Eri. (prokompim/kotamgl).