PEMKOT KEMBALI GELAR KOMPETISI RISET UNGGULAN DAERAH

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa riset memiliki korelasi postitif bagi kemajuan suatu bangsa. Sebagai wujud pengaktualisasian salah satu visi Wali Kota yaitu Kota Magelang yang maju, secara rutin Pemerintah Kota Magelang melalui Badan Litbang membuka kesempatan bagi para peneliti baik dari individu, lembaga penelitian, lembaga litbang, LSM maupun perguruan tinggi untuk berkompetisi menuangkan ide kreatifnya dalam mendukung terciptanya kebijakan pembangunan yang berlandaskan data dan riset ilmiah.

Kompetisi ini dikemas dalam event Riset Unggulan Daerah (RUD) Kota Magelang yang pada tahun 2021 ini berfokus pada tiga tema yaitu: Riset pengembangan wahana mini zoo di Taman Kyai Langgeng; Kajian pengembangan jaringan pemasaran bagi UMKM Kota Magelang melalui partisipasi pemerintah dan masyarakat; serta Kajian perilaku ASN terhadap tingginya kematian akibat komorbid Covid-19 atau penyakit tidak menular di Kota Magelang

Sosialisasi agenda RUD Kota Magelang Tahun 2021 digelar hari ini (8/4/2021) di aula Balai Paru Kota Magelang. Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Badan Litbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini sebagai upaya mencari solusi atas permasalahan strategis di Kota Magelang. Arif berharap bahwa keluaran atas riset ini tidak hanya terbatas sebagai laporan saja, namun dapat masuk dalam jurnal ilmiah sehingga pemanfaatannya lebih luas.

Sosialisasi diisi oleh beberapa paparan dari Komisi A DPRD Kota Magelang (Ventje Jehezkiel Rogi), Dinas Perindag Kota Magelang (Budi Imam Hakim), BUMD Taman Kyai Langgeng (Agus Satiyo Hariyadi) dan  Balkesmas Wilayah Magelang (dr. Prima Kartika Sari) yang dimoderatori oleh Retno Rusdijati dari Universitas Muhammadiyah Magelang.

Pendaftaran kompetisi ini dijadwalkan dibuka mulai 8 Maret sampai dengan 3 Mei 2021. Disampaikan oleh Eny Sulistyowati, Kepala Bidang Penelitian dan Pengkajian Balitbang Kota Magelang, bahwa tiga pemenang kompetisi ini nantinya akan diberikan bantuan pembiayaan riset (bruto) masing-masing sebesar Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah). Unsur yang akan dinilai diantaranya berfokus pada aspek originalitas, pembaharuan, kelayakan, keterkaitan dengan permasalahan, manfaat dan partisipasi masyarakat.

Harapannya melalui kompetisi ini masyarakat dapat lebih berperan aktif dalam memberikan referensi solusi dalam bentuk kajian ilmiah atas berbagai permasalahan yang ada di Kota Magelang. Tunggu apalagi? Yuk ikut kompetisi RUD Kota Magelang! (Diskominsta)