SAMBUT KEMERDEKAAN RI, ALUNAN LAGU PERJUANGAN MULAI DI PERDENGARKAN DI BERBAGAI TITIK STRATEGIS DI KOTA MAGELANG

Jelang peringatan hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia tahun 2020, alunan musik nuansa kemerdekaan mulai terdengar di beberapa titik strategis di Kota Magelang. Dinas Perhubungan Kota Magelang secara rutin memutar lagu-lagu perjuangan di beberapa titik lampu merah. Suara musik akan terdengar dari pengeras suara pada sistem pengendali lalu lintas kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS) yang terpasang di titik-titik tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Adi, saat dihubungi melalui sambungan telepon hari ini (6/8/2020) mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan guna meningkatkan jiwa nasionalisme dan mengurangi rasa jenuh pengendara saat berhenti di lampu merah. “Menjelang peringatan hari HUT RI kita mencoba menampilkan lagu-lagu perjuangan, yang kita harapkan nanti akan bisa membangkitkan kembali atau menambah rasa nasionalisme pada masyarakat”, katanya.

Menurut Chandra, pemutaran lagu ini juga diharapkan dapat memberi kenyaman bagi pengguna jalan. “Dalam hal ini kami kumandangkan lagu perjuangan di beberapa titik yang memang sudah terhubung dengan ATCS antara lain; simpang Gotong Royong, simpang CPM, simpang Bayeman, alun-alun, kodim, jalan A. Yani dan yang lainnya” imbuhnya.

Pihaknya juga akan turun ke jalan bersama instansi terkait untuk meminta pengguna jalan berhenti sejenak disaat detik proklamasi dengan menyalakan sirine.
“Kami himbau nanti pada saat 17 agustus pada jam 10.17–10.20, selama tiga menit, kami mohon dengan hormat kepada rekan pengguna jalan, semuanya masyarakat Kota Magelang bisa berhenti dan tidak menghidupkan kendaraannya untuk bersama-sama mengheningkan cipta pada saat detik detik proklamasi nantinya”, tegasnya. (diskominsta)