Geliat Bisnis Ikan Hias Meningkat, Disperpa Kota Magelang Tingkatkan Kualitas SDM Perikanan

Geliat bisnis ikan hias di Kota Magelang dari waktu ke waktu mengalami trend peningkatan. Sampai saat ini, Kota Magelangmasih menjadi market share ikan hias bagi produsen dan pengusaha ikan hias dari daerah lain seperti Yogyakarta, Kediri dan Tulungagung. Banyaknya suplai ikan hias yang masuk di Kota Magelang menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap ikan hias di Kota Magelang cukup tinggi, sehingga menjadikan bisnis ikan hias sebagai peluang yang sangat menjanjikan untuk ditekuni.

Terkait dengan trend peningkatan bisnis ikan hias di Kota Magelang, Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Ikan Hias pada tanggal 4-6 Maret 2019 di Balai Benih Ikan (BBI) Kelurahan Jurangombo Selatan. Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 15 pesertaitu bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta pelatihan tentang kegiatan bisnis ikan hias, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta pelatihan tentang pembuatan wadah budidaya ikan hias (aquarium), meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan dalam mendesain aquascape.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir. Eri Widyo Saptoko, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan, Ir. Hadiono mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi pelaku perikanan yang lokasinya tidak lagi bisa digunakan sebagai lahan budidaya ikan konsumsi agar terus berkarya di perikanan melalui pengembangan usaha ikan hias ini. Materi yang akan disampaikan selama pelatihan adalah :

  1. Teknik Keterampilan Pembuatan Wadah Budidaya Ikan Hias (Aquarium)
  2. Teknik Keterampilan Pembuatan Filterkedapudara/ Canister
  3. Teknik Keterampilan Pembuatan Lampu Akuarium
  4. Teknik Keterampilan Mendesain Aquascape

Setiap peserta mendapatkan alat dan bahan percontohan pembuatan aquarium dan aquascape.

      Seperti diketahui dewasa ini banyak sekali kegiatan di sub sektor perikanan yang dapat dijadikan pilihan untuk dikembangkan, mulai dari penyediaan wadah budidaya ikan hias, penyediaan ikan melalui pembenihan, pendederan, maupun pembesaran ikan hias. Bahkan saat ini penyediaan tanaman air, sampai dengan jasa setting aquarium ikan hias (aquascape) banyak dibidik sebagai salah satu peluang usaha ikan hias. Mengingat masyarakat sekarang lebih menyukai hal yang mudah dan instan, maka keterampilan pembuatan aquarium dan setting aquascape menjadi salah satu pilihan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat penggemar ikan hias sekaligus menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

       Di akhir kesempatan Hadiono menandaskan bahwa peluang usaha ikan hias muncul karena bertumbuhnya Komunitas-Komunitas ikan hias di Kota Magelang seperti Komunitas Louhan Magelang, Komunitas Ikan Guppy, Komunitas Aquascape Magelang, dan Komunitas Ikan Predator Magelang. “Daya tarik ikan hias dan sudut pandang setiap individu manusia, berbeda dalam menilai keindahan dan kecantikan ikan sehingga menjadikan terbentuknya berbagai komunitas ikan hias tersebut,”imbuhnya. (among_wibowo, red)