Sistem Informasi DataGo Diskominsta Raih Juara Pertama Ajang Inovasi OPD/BUMD Sekaligus Dukung Konsep Satu Data Indonesia

Apilkasi DataGo Dinas Komunikasi dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang meraih juara pertama kompetisi Karya Kreasi dan Inovasi (Krenova) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD Kota Magelang tahun 2018. “Diskominsta Kota Magelang ditetapkan sebagai juara pertama dalam Krenova OPD dan BUMD Kota Magelang melalui implementasi Diskominsta membawa Implementasi Open Data melalui Sistem Informasi DataGo dalam Mendukung Konsep Satu Data Indonesia”, ucap Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo, (28/09/2018).

 “Kompetisi Karya Kreasi dan Inivasi (Krenova) oleh balitbang yang merupakan tahun ke dua ini, pertama kalinya Diskominsta mengikutinya dan Alhamdulilah menang, hal ini merupakan pemacu Diskominsta untuk lebih baik lagi ke depannya”, ucapnya.

Catur menambahkan jika salah satu point penilaiannya adalah bahwa hasil karya atau inovasi tersebut sudah diimplementasikan ke masayarakat, inovasi DataGo ini dari 2014 hingga 2018 banyak fitur data sektoral seluruh OPD sudah terangkum dan dapat diakses masyarakat baik melalui web maupun aplikasi Magelang Cerdas. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang, Arif Barata Sakti mengatakan, aplikasi DataGo ditetapkan sebagai inovasi terbaik karena sudah diterapkan alplikasinya di masyarakat, sehingga mempermudah masyarakat mengakses data sektoral.

Arif mengatakan, terdapat 27 proposal yang masuk, terdiri dari 20 kategori layanan publik, enam karya tata kelola pemerintahan, dan satu urusan pemerintahan. Pihaknya berharap Krenova OPD dan BUMD ini akan menambah inovasi, terutama layanan publik bagi masyarakat dan Pemkot Magelang dalam menerapkan teknologi yang bertujuan untuk mempercepat, memudahkan, dan memberikan akses luas bagi masyarakat melalui teknologi.

Selain Diskominsta yang mendapatkan juara pertama, juara kedua dan ketiga masing-masing adalah karya dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) berupa Pelayanan Pajak Daerah With Online (Pak Dewo) serta Gerakan Masyarakat dan Keluarga Peduli Terhadap Asi (Gemakapitasi) dari Puskesmas Magelang Utara. Sedangkan untuk juara harapan, yaitu Be Smart dari SMP Negeri 11, Balibung dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB), dan HCC dari Puskesmas Magelang Utara.

Penggagas Inovasi DataGo Nur Afiyah Maizunati mengatakan jika Krenova OPD dan BUMD ini merupakan ajang yang sangat baik untuk memotivasi ide-ide kreatif khususnya ASN agar dapat berkontribusi bagi peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Inovasi ASN di Kota Magelang sudah cukup baik, namun perlu dipacu untuk dapat lebih menyuarakan gagasan inovatifnya”, ucapnya. (Ret/ Diskominsta)